Rabu , 18 January 2017, 14:00 WIB

UKT 2017 tidak Naik

Red:

JAKARTA -- Kementerian Riset dan Teknologi-Pendidikan Tingi (Kemenristek Dikti) memastikan uang kuliah tunggal (UKT) 2017 tidak akan naik. Bahkan, Kemenristek Dikti telah memberikan imbauan kepada semua universitas negeri yang berada di bawah pemerintah agar UKT tetap sama.

"UKT tidak akan naik. Kalau ada yang mengajukan untuk dinaikan, ini kita coret," ujar Menteri Ristek Dikti Mohammad Nasir ditemui di Istana Presiden, Selasa (17/1).

Menurut Nasir, besaran UKT masing-masing kampus memang bergantung dari kebutuhannya dan diputuskan oleh rektor kampus tersebut. Meski demikian, besaran dana ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Kemenristek Dikti. Dan, untuk tahun ini, Nasir memastikan bahwa UKT 2017 tidak berubah.

Sebelumnya, wacana kenaikan UKT 2017 sempat meresahkan mahasiswa. Biaya pendidikan di kampus negeri akan lebih mahal karena 11 perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN-BH) disebut-sebut akan menaikkan dana tersebut. Kenaikan tarif ini berlaku khusus untuk kelompok atau kelas yang paling mahal.

Namun, dalam sejumlah pemberitaan, beberapa PTN-BH memastikan tidak akan menaikan UKT 2017. Salah satu yang sudah mendeklarasikannya adalah Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Rektor Unhas Dwia Ariestina menyebut bahwa kampusnya tidak akan menaikkan UKT 2017.     Debbie Sutrisno, ed: Muhammad Hafil