Jumat , 03 June 2016, 13:00 WIB

Pengurus Ikapi DKI Segera Dikukuhkan

Red:

JAKARTA -- Pengurus Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta akan dikukuhkan pada Jumat (3/6). Kepengurusan ini terbentuk setelah melalui rapat pleno tim formatur yang dipimpin ketua terpilih Ikapi DKI periode 2016-2021 Hikmat Kurnia.

"Kami telah membentuk daftar kepengurusan Ikapi DKI periode 2016-2021. Insya Allah, seluruh pengurus tersebut akan dilantik pada Jumat (3/6) di kantor Ikapi DKI Jakarta," ujar Hikmat Kurnia, Kamis (2/6).

Hikmat menjelaskan, kepengurusan Ikapi DKI periode 2016-2021 mengakomodasi berbagai pihak dari sejumlah penerbit di Jakarta. Kepengurusan ini, kata dia, diharapkan dapat bekerja optimal dan mampu membawa Ikapi DKI ke arah yang lebih baik lagi.

Ia menyebutkan, sesuai hasil Musyawarah Daerah (Musda) Ikapi DKI pada 18-19 Mei 2016 lalu, kepengurusan Ikapi DKI periode mendatang menggawangi lima bidang terkait. Kelima bidang itu adalah Bidang I Pengembangan Buku Pendidikan dan Perguruan Tinggi, Anak, dan Umum. Bidang ini dikomandoi oleh Polmas Sihombing dari Penerbit Literatur Media Sukses. Bidang II adalah humas, kerja sama antarlembaga, buku digital, dan riset informasi yang akan dikomandani oleh Husni Kamil (Lentera Hati).

Bidang III, yakni bidang pameran, sarana usaha dan buku agama Islam di bawah kendali M Anis Baswedan (Akbar Media). Bidang IV, yakni pendidikan dan pelatihan, pengembangan literasi dan pemberdayaan penerbit, yang dikomandoi oleh Andreas Haryono (Penerbit Obor Indonesia), dan Bidang IV yang dipimpin oleh Abdul Hakim (Gema Insani Press) membawahkan bidang keanggotaan, hukum, dan pembajakan buku.

Adapun susunan kepengurusan Ikapi DKI periode 2016-2021adalah sebagai berikut. Dewan Pertimbangan terdiri atas HE Afrizal Sinaro (ketua), Muharizal Umar (sekretaris), dan Tohir Bawazir serta HR Harry (anggota). Ketua Ikapi DKI Hikmat Kurnia, sekretaris dijabat Mappa Tutu, sedangkan bendahara dijabat Endah M.

Pengurus lainnya adalah Jhonri Darma Sagar, Ummu Masmuah, Elang Ilik, Syahruddin El-Fikri, Arifman Rusdi, Reza Pahlevi, Randy Anthoni, Ahmad Taufik, Khaerudin, Subhan Akbar, Tatang Sundesyah, Yuni Nur Ihsan, Lukman AM Basandid, MH Sadli, Alfiansyah, dan Suyono. Total kepengurusan Ikapi DKI periode 2016-2021 sebanyak 28 orang. Syahruddin El-Fikri ed: Muhammad Hafil