Rabu 19 Nov 2014 12:00 WIB

Sumsel Surplus Guru

Red:

PALEMBANG --- Jumlah guru di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) untuk seluruh jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK saat ini surplus. Berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, sejak 2013 saja jumlah guru di daerah ini sebanyak 97.749 orang. Sedangkan, jumlah siswa atau murid sebanyak 1.697.876 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo mengatakan, dengan jumlah tersebut maka perbandingan rasio antara guru dan siswa di Sumsel saat ini satu  guru berbanding 17 siswa. ''Rasio tersebut sudah di atas rasio nasional. Perbandingan rasio guru nasional adalah satu guru berbanding 32 siswa,'' kata Widodo, Selasa (18/11).

Bahkan dibanding negara maju, ia mengatakan, rasio guru di Sumsel tersebut sudah melebihi. Menurut Widodo, di negara maju rasio guru yang mengajar adalah satu guru berbanding 24 siswa. Dari jumlah 97.749 orang guru itu, sudah mencakup guru yang menjadi PNS dan guru honor.

Di Sumsel, saat ini berdasarkan data Dinas Pendidikan Sumsel guru tersebut dikelompokkan dalam guru pegawai negeri sipil (PNS), guru PNS Depag, guru PNS PDK, guru bantu, guru honor daerah, guru tetap yayasan, dan guru tidak tetap.

Widodo mengakui, pemaparan bahwa data guru di Sumsel surplus ini akan mendapat protes dari  stakeholder terkait. "Mereka memprotes dan mengatakan Sumsel masih kekurangan guru, lihat di beberapa daerah masih ada sekolah yang kekurangan guru,'' ujarnya.

Menurutnya, jika dilihat dari rasio ideal memang sudah surplus. Namun, permasalahannya adalah distribusi atau sebaran guru di daerah dan peningkatan mutu guru yang belum maksimal. Ia mengatakan, ada kesenjangan dalam distribusi guru di daerah kabupaten dan kota di Sumsel.

Ia mengatakan, ada daerah atau kota yang jumlah gurunya banyak dan ada daerah yang jumlah sedikit. Di daerah yang gurunya sedikit memang akan ditemukan sekolah yang masih kekurangan guru.

Data Dinas Pendidikan Sumsel tahun 2013 mencatat, jumlah guru TK sebanyak 5.490 orang, guru SD sebanyak 59.176 orang. Kemudian guru SMP sebanyak 18.964 orang, guru sekolah luar biasa (SLB) 51 orang, guru SMA sebanyak 10.317 orang dan guru SMK sebanyal 3.711 orang.

Sementara itu untuk distribusi atau sebaran guru, jumlah guru paling banyak berada di Palembang dibanding kabupaten lain. Guru TK di Palembang berjumlah 1.689 orang, sedangkan  di daerah lain rata-rata di bawah 500 orang guru.

Begitu pula untuk guru SD di ibu kota Provinsi Sumsel tersebut, jumlahnya mencapai 7.794 orang dan  guru SMP 4.121 orang. Sedangkan, guru SMA sebanyak 2.695 orang dan guru SMK sebanyak 1.178 orang. N ed: andi nur aminah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement