Kamis 23 Oct 2014 12:00 WIB

Indonesia Juara Matematika di India

Red:

JAKARTA — Tim Indonesia kembali mengibarkan bendera Merah Putih. Kali ini anak-anak bangsa yang diwakili oleh tim dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM) di bawah asuhan R Ridwan Hasan Saputra kembali mempersembahkan medali untuk Indonesia dalam ajang kompetisi matematika Wizards at Mathematics International Competition (WIZMIC) 2014 India.

 

KPM yang berkantor pusat di Bogor mengirimkan 16 siswa di ajang tersebut. Mereka terbagi menjadi empat tim. Lomba dilaksanakan di City Montessori School (CMS) Lucknow, India, dari 18 hingga 21 Oktober 2014. Hasilnya, untuk kategori perorangan yang diraih putra-putri tingkat SMP, delapan medali emas, lima medali perak, dan tiga medali perunggu.

 

Siswa yang berhasil meraih kedelapan medali emas itu, yakni Dick Jessen William (SMP Santa Maria Pekanbaru), Ignatius Kent Hastu Parahita (SMPN 26 Surabaya), Alfian Edgar Tjandra ( SMP Springfield Depok), Irfan Urane Aziz (SMPN 2 Depok), Fauzan Rafif Widyanto (SMPN 211 Jakarta), Pikatan Arya Bramajati ( SDN 2 Sokanegara Purwokerto), Muhammad Surya Siddiq (SMPIP Daarul Jannah Kabupaten Bogor), dan Rio Alexander Audino (SMPN 1 Singaraja, Bali).

 

Sedangkan, peraih medali perak, yakni Novianita Isnaynizahra (SMPIT Ummul Quro Bogor), Muhammad Hanif Afisena Nasution (SMPI Al Azhar 8 Kemang Pratama, Bekasi), Mohammad Faraz Abisha Mirza (SMPI Al Azhar 8 Kemang Pratama, Bekasi), Vania Rizky Juliana Wachid (SMPN 1 Surabaya), dan Azzahid A Fairuzhaq Poeloengan (SMPN 1 Kota Bogor). Selain itu, peraih medali perunggu, yaitu Armand Khalif Susetyo (SMP Labschool Kebayoran Jakarta), Hanan Fahmi (SMPI Al Azhar 12 Jakarta), dan Adinda Putri Salsabila (SMPN 1 Surabaya).

 

Sedangkan untuk kategori Team Award, Indonesia juga menggondol penghargaan satu emas, dua perak, dan satu perunggu. Tim Indonesia A diwakili Dick Jessen William, Alfian Edgar Tjandra, Novianita Isnaynizahra, dan Irfan Urane Aziz. Mereka selain mendapat medali emas untuk kategori Team Award, juga mendapatkan penghargaan champion overall untuk kategori tim. Tim ini menduduki peringkat pertama dari 43 tim yang ikut pada ajang tersebut.

Ridwan mengatakan, hasil WIZMIC 2014 sangat membanggakan. Karena jauh lebih baik dari yang diraih pada tahun sebelumnya, yakni Indonesia hanya mendapatkan dua medali emas, lima perak, dan sembilan perunggu.

 

"Tahun ini jumlah peserta yang mengikuti WIZMIC 172 siswa yang terbagi menjadi 43 tim dari berbagai negara," ujar Ridwan dalam siaran persnya. Negara peserta ajang tersebut selain Indonesia, yaitu Thailand, Filipina, Afrika Selatan, dan tuan rumah India.

Di ajang ini Indonesia juga memperkenalkan budaya Indonesia berupa penampilan tari tortor. Tarian tersebut mendapat sambutan meriah saat cultural night digelar. N ed: andi nur aminah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement