Kamis 28 Aug 2014 13:00 WIB

Klinik Konsultasi Pembelajaran K13- Seputar Penilaian dan Pengisian Raport

Red:

Pertanyaan:

Saya mau bertanya tentang penilaian, yang menurut saya adalah sesuatu yang baru dalam K13. Pada saat guru melaksanakan penilaian sikap (observasi, penilaian diri, penilaian teman se jawat dan jurnal guru), apa harus dilaksanakan semua untuk satu KD?

Langgeng

Guru SMA Negeri 2 Purwokerto, Jateng

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya. Se perti yang Bapak sampai kan, bahwa penilaian aspek sikap diperoleh dengan menggu nakan instrumen: (1) observasi; (2) penilaian diri sendiri; (3) penilaian antar-teman; dan (4) jurnal catatan guru. Pengolahan nilai ini semua sebagai ba han informasi objektif untuk pengisian rapor. Secara detil tek nis pelaksanaan tiap komponen sebagai berikut:

Untuk observasi proses penilai an dapat dilakukan pada sa at pembelajaran berlangsung maupun di luar pembelajaran. Kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan pada setiap KD tetapi dapat dilakukan setiap saat.

Untuk penilaian diri dilak sana kan sebelum ulangan. Teknik pe nilaian diri dilaksanakan de ngan cara meminta peserta di dik untuk mengemukakan ke lebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi.

Untuk penilaian antar-teman dilaksanakan secara berkala. Pe nilaian antar-teman dapat dilakukan pada akhir bab atau KD atau dalam periode waktu ter tentu.

Untuk jurnal guru dilaksanakan sesuai kebutuhan. Jurnal gu ru digunakan untuk membantu guru saat memberikan des kripsi pada rapor. Demikian, semoga bermanfaat.

Pertanyaan:

Masih soal penilaian, adakah format rapor K13 untuk jenjang SMP. Mohon saya bisa menda patkannya untuk sekadar pan duan. Terima kasih.

Sumaedi

SMPN 2 Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah

Jawaban:

Format rapor K13 untuk jen jang SMP ada pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 25/C/KR/2014 tentang Panduan Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama.

Untuk lebih lengkapnya kami mohon bapak mengirimkan email melalui forum ini. Dokumennya akan kami kirimkan.

Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement