Kamis 24 Mar 2016 18:00 WIB

Menggali Nasihat Emas Quraish Shihab

Red:

Judul : Kumpulan 101 Kultum Tentang Islam

Penulis : M. Quraish Shihab

Penerbit : Lentera Hati

Cetakan : I, Februari 2016

Tebal : 634 hlm

Sebagai penganut agama Islam yang taat, setiap Muslim tentu tidak boleh melupakan ajaran agamanya. Bahkan, seharusnya bisa terus menambah ilmu keagamaannya sehingga dapat meingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dalam upaya untuk meningkatkan ketakwaan umat Islam tersebut, ulama ahli tafsir terkemuka di Indonesia, M Quraish Shihab, beberapa tahun belakangan ini telah memberikan siraman rohani melalui beberapa statsiun televisi di Indonesia. Dalam layar kaca tersebut, ia biasa memberikan kuliah umum (kultum) di setiap bulan ramadhan dan hari-hari besar Islam.

Namun, umat tampaknya merasa kurang meresapi ajaran Islam yang hanya ditayangkan melalui televisi tersebut. Karena itu, mereka mengusulkan agar kultum-kultum tersebut juga disebarkan dalam bentuk tulisan. Quraish Shihab pun menyambut saran tersebut dengan gembira.

Quraish Shihab yang masih menyimpan sebagian besar kandungan uraian lisan yang telah disampaikan dalam tayangan layar kaca tersebut, buku ini akhirnya dapat hadir mewarnai di tengah-tengah kehidupan umat. Dengan harapan, buku ini dapat memberikan pemahaman yang benar tentang ajaran Islam dan meningkatkan ketakwaan umat.

Dalam menuliskan uraian lisannya di televisi yang hanya berdurasi lima sampai tujuh menit tersebut, Quraish Shihab menyempurnakan buku ini dengan menggabungkan dua episode yang bertema sama sehingga ada beberapa uraian yang memang relatif panjang. Namun, sebagian tema dalam buku ini juga ada yang berasal dari tulisan-tulisannya di media cetak dan ceramah singkatnya di salah satu majelis.

Tidak mudah tentunya menulis tentang uraian-uraian dalam ratusan halaman buku ini. Namun, dengan kemahiran penulis, kalimat-kalimat dalam buku ini dapat tersusun dengan rapi sehingga umat Islam tidak terjebak dalam kesalahpahaman dan menambah pengetahuan keislaman.

Materi-materi yang disajikan dalam buku ini diharapkan bisa mengingatkan kembali apa yang sebelumnya telah umat Islam ketahui. Karena sebagai manusia, tentunya umat Islam tidak akan terluput dari lupa.

Dengan menyajikan sebanyak 101 kultum tentang Islam, buku ini diawali dengan pembahasan tentang kehadiran Nabi Muhammad SAW ke muka bumi ini. Dalam kultum pertamanya tersebut, penulis menguraikan tentang latar belakang Muhammad dalam membawa ajaran Islam dan mengajak pembaca untuk menengok sejenak kehidupan masyarakat Arab sebelum kedatangan beliau.

Di setiap akhir pembahasan kultum, penulis selalu menuliskan catatan singkat. Seperti dalam kultum pertamanya tersebut ia menuliskannya sebagai berikut, "Allah mengutus Nabi Muhammad SAW. Membawa ajaran yang meluruskan kesesatan umat manusia dan memberi rahmat bagi semesta alam," tulis Quraish Shihab.

Artikel-artikel yang ditulis dalam buku Kumpulan 101 kultum tentang Islam ini tidak hanya menyajikan tentang ajaran-ajaran tauhid, tapi juga tema yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, seperti tentang keluarga bahagia, keberhasilan usaha, dan bahkan juga dibahas tentang cara jalan yang benar-benar sesuai ajaran Islam.

Buku ini memuat ajaran Islam tentang akidah agar dapat menguatkan keimanan, dan penulis membahas juga tentang akhlak untuk membendung kerusakan moral, tasawuf untuk meningkatkan ketakwaan, dan dijelaskan pula kehidupan setelah kematian agar umat Islam selalu mengingat Allah SWT.

Dalam setiap kultum yang dipaparkan dalam buku ini, Quraish Shihab selalu mendasarkan ajaran Islam kepada Alquran dan hadis. Hal ini karena penulis sendiri memang telah mendalami ilmu tafsir yang didapatkan saat belajar di Universitas Alazhar Kairo, Mesir.

Penulis memang ketat dalam menyebarkan ajaran Islam sesuai Alquran dan hadis. Karena itu, umat Islam juga harus selalu memiliki kehati-hatian dalam menyerap ajaran agama Islam. Mengingat, saat ini terdapat banyak orang yang mencoba untuk menafsirkan Alquran secara sembarangan.  c39 ed: Hafidz Muftisany

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement