Jumat 05 Feb 2016 11:00 WIB

Pelantikan Masika ICMI Memperteguh Karya untuk Bangsa

Red:

Para cendekiawan muda yang tergabung dalam Majelis Sinergi Kalam (Masika) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) dilantik oleh Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie, Sabtu (30/1).

Pelantikan pengurus periode 2015-2020 yang digelar di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, ini turut dihadiri Ketua KPU Husni Kamil Manik, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Danang Sanggabhuwana, dan sejumlah cendekiawan muda Muslim lainnya.

Ketua Umum Masika ICMI Ferry Kurnia Rizkiansyah mengatakan, kepengurusan mendatang mengangkat tema "Memperteguh Karya, Jati Diri, dan Komitmen untuk Bangsa."

Ferry menyebut, cendekiawan muda Indonesia ditantang untuk mendorong kemajuan bangsa sekaligus mendorong transformasi masyarakat melalui berbagai karya. Saat ini dan dalam beberapa tahun mendatang, perekonomian Indonesia digerakkan oleh kelas menengah. "Dan menciptakan kelas menengah yang berkualitas itu merupakan tugas para cendekiawan dan kelompok-kelompok intelektual," kata Ferry.

Jimly Asshiddiqie menegaskan komitmen ICMI untuk memperkuat basis di kampus dan masjid. Tantangan bagi ICMI dan organisasi-organisasi di bawahnya, menurut dia, adalah bisa menyinergikan seluruh potensi di tubuh organisasi untuk menghasilkan karya nyata bagi bangsa. "Dalam hal ini kita tidak bisa memisahkan antara kalam dan qalam," ujar ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) ini.

Selain itu, menurut Jimly, setelah reformasi bangsa ini dimasuki gelombang liberalisasi besar-besaran, semua pikiran kita terjebak dalam pola pikir kebebasan. "Dan ini tidak bisa terbendung. Jika kita tidak punya kesadaran terhadap ini, bangsa dan kebudayaan kita akan habis," kata Jimly memaparkan.

Pasar yang dimaksud oleh Jimly bukan hanya pasar dalam arti ekonomi, melainkan juga dalam hal politik, budaya, dan lainnya. "Jangan sampai hal-hal semacam pasar politik itu tidak terkontrol. Inilah tugas para intelektual, termasuk para cendekiawan muda," ujarnya.

Masika ICMI adalah salah satu organ di tubuh ICMI yang berdiri pada 1993. Organisasi ini diisi para profesional dan akademisi lintas bidang dan lintas kelompok Muslim.  ed: hafidz Muftisany

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement