Jumat 15 Jan 2016 11:00 WIB

Relawan RZ Bantu Korban Banjir Sijunjung

Red:

Relawan Rumah Zakat (RZ) cabang Padang, Sumatra Barat, menyalurkan bantuan berupa 60 paket beras, masing-masing 5 kg untuk korban banjir di wilayah Sawahlunto. Bantuan diberikan untuk meringankan korban banjir di Kabupaten Sijunjung akibat hujan deras yang mengakibatkan longsor dan banjir hebat di wilayah tersebut.

 

Berdasarkan arahan dari petugas lapangan dan Wali Nagari Yuswir Arifin, sebanyak enam orang relawan RZ Padang menuju Kecamatan Kamang Baru, Kanagarian Siaua, Jorong Lemba Gunung. Akibat bencana tersebut, sebanyak 633 rumah dan 686 KK menjadi korban dari dampak banjir tersebut.

 

"Menurut data dari BPBD Sijunjung, sebanyak lima kecamatan ikut terkena dampak dari bencana ini, yakni Kec Kamang Baru, Kec Tanjung Gadang, Kec Kupitan, Kec Sumpur Kudus, dan Kec Sijunjung," papar Hardiwan, pihak dari BPBD Sijunjung, Senin (11/1).

 

Selain bantuan beras, relawan RZ juga menyalurkan 60 paket bantuan yang masing-masing terdiri dari dua liter minyak goreng, satu kilogram gula, dan satu kaleng susu untuk setiap KK. Ke depannya, para relawan akan memberlakukan status Siaga 1 karena curah hujan masih cukup tinggi sehingga volume banjir malah akan terus bertambah.

 

"Arus banjir semakin deras membuat air masih meluap dan menggenangi rumah warga. Ketinggiannya mencapai satu meter. Jika air bah tersebut datang lagi, kami para relawan siap dipanggil oleh BPBD Sijunjung untuk membantu proses evakuasi," ujar Fandro, koordinator Tim Lapangan dari RZ.  ed: Hafidz Muftisany

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement