Jumat 03 Jul 2015 16:00 WIB

Sekolah Jurnalistik RDK UGM Munculkan Jurnalis Islam

Red:

Ramadhan di Kampus (RDK) Jamaah Shalahuddin UGM menggelar sekolah jurnalistik di Ruang Seminar Timur FISIPOL UGM, Ahad (28/6).

Acara bertajuk "I'am Moslem Journalist" ini menghadirkan wartawan senior Republika Heri Purwata dan redaktur Dialog Jumat Republika Hafidz Muftisany sebagai pembicara.

Heri yang didaulat menyampaikan tentang profil jurnalis Muslim mengatakan, tugas wartawan sejatinya tugas kaum Muslimin. "Yakni menyampaikan kebenaran," ujarnya. Wartawan Islam juga memiliki tugas sebagai pendidik, pembaharu, pelurus informasi, pemersatu, dan pejuang.

Sesi kedua dilanjutkan pembahasan tentang manajemen isu dan jurnalistik dasar. Peserta diajak untuk mengenal pola menentukan isu dalam sebuah pemberitaan. Lantas, pengetahuan menulis jurnalistik dasar menjadi pedoman untuk menulis laporan.

Penanggung jawab acara, Hijrauly Albebian, mengungkapkan, RDK sengaja menghadirkan sekolah jurnalistik agar isu-isu dakwah bisa terekspos. "Banyak kejadian di luar sana yang pemberitaannya memojokkan Islam," ujar pria yang akrab disapa Bian ini.

Ia melanjutkan, sengaja menggandeng Republika yang sudah teruji menyuarakan kepentingan umat Islam. Bian berharap peserta mengerti tentang apa itu jusnalisme Islam dan bisa melaporkan peristiwa dari lingkungan sekitarnya agar layak muat di media.  ed: Hafidz Muftisany

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement