Jumat 23 May 2014 13:42 WIB
tasawuf

Modal untuk Berdakwah

Red:

oleh :irwan kelana--Berdakwah atau mengajak manusia ke jalan Allah SWT merupakan tugas yang mulia. Salah satu yang penting dari pelaksanaan tugas ini adalah menyampaikan materi dakwah yang  singkat, padat, dan sistematis dengan metode yang rasional dan menggugah.

Dalam berdakwah, selain cara penyampaian, materi adalah hal yang sangat penting. Materi-materi yang bagus akan sangat membantu pendengar dalam menangkap tujuan sebuah syiar Islam.

Buku yang ditulis putra Betawi yang sudah belasan tahun malang melintang dalam dunia dakwah ini menyediakan 170 materi dakwah yang sangat berguna, tidak hanya bagi para pembaca buku ini. Para dai, ustaz, guru, bahkan para eksekutif  bisa menjadikan materi dakwah dalam buku ini sebagai modal untuk berdakwah kepada umat.

Baik melalui ceramah umum, kuliah Dhuha, kuliah tujuh menit (kultum) di perkantoran, diskuski keislaman, hingga taklim di rumah bersama keluarga.

Salah satu kekuatan buku karya Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Dakwah  (LLPD) Khairu Ummah adalah pembahasan di dalamnya terstruktur dan sistematis.

Kedua, judul-judulnya pun sangat membantu para dai atau siapa pun yang ingin memanfaatkan materi buku ini untuk berdakwah. Pengurus Koordinasi Dakwah Islam (KODI) DKI Jakarta ini menggunakan angka untuk mengawali judul materi tulisannya. 

Misalnya, tiga bentuk istiqamah, empat bentuk amal saleh, lima ciri Muslim sejati, enam pendekatan dalam memahami Alquran, tujuh ciri mukmin beruntung, delapan ciri ulil albab, sembilan orang yang dicintai Allah, sepuluh kiat meraih rahmat Ilahi, dua belas profil ibadurrahman, tujuh belas anggapan keliru, dan delapan belas penyebab manusia menjadi rugi.

Ketiga, secara umum, penulis yang juga Sekretaris Bidang Dakwah dan Kajian Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) ini membagi bukunya menjadi dua bab, yakni materi dakwah  seri Alquran dan tafsir serta seri hadis-hadis pilihan.

Kekuatan selanjutnya adalah dengan 170 materi tulisan, buku yang ditulis ketua Majelis Dai Paguyuban Ikhlas (MPDI) ini menawarkan begitu banyak materi dakwah pilihan. Para dai bisa mengambil bahan tersebut apa adanya ataupun memperkayanya dengan bahan-bahan lain.

Contohnya, tiga bentuk hubungan kepada Allah, tiga faktor yang menjauhkan neraka, empat strategi setan, empat syarat masuk surga, enam faktor perusak ukhuwah Islamiyah, dua orang yang shalatnya tidak diterima, dua orang yang disegerakan hukumannya, dua iri hati yang dibolehkan, tiga model orang bangkrut, tiga ciri mukmin yang mengagumkan, tiga musuh Allah, tiga orang yang pertama masuk neraka, empat permainan yang termasuk zikir, lima perkara sebelum lima perkara, dan tujuh penyakit umat, serta dua belas penghalang masuk surga.

Dengan segala kekuatannya seperti tersebut di atas, buku ini sagat represenatif dengan target dakwah di Indonesia. ed: hafidz muftisany

Judul: 170 Materi Dakwah Pilihan

Penulis: Drs H Ahmad Yani

Penerbit: Al-Qalam

Cetakan: I, April 2014

Tebal: 348 hlm

sumber : http://pusatdata.republika.co.id/detail.asp?id=737630
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement