Selasa 06 Dec 2016 17:00 WIB

Jelajah Gizi

Red:

Kampanye dan edukasi akan pentingnya mengonsumsi makanan bergizi juga dilakukan oleh Sarihusada melalui program Jelajah Gizi 2016. Produsen produk-produk nutrisi ibu hamil dan menyusui ini mencoba mengeksplorasi nilai gizi di balik kekayaan kuliner Minahasa, Sulawesi Utara. Daerah ini memiliki beragam kuliner khas yang terbuat dari bahan yang berasal dari alam Minahasa.

Direktur Komunikasi Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan, program ini merupakan komitmen perseroan dalam mendukung kesehatan masyarakat melalui makanan. "Selain menyediakan produk-produk bergizi dan berkualitas tinggi, kami juga turut memberikan edukasi mengenai gizi seimbang dan hidrasi kepada masyarakat," ujarnya.

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Ahmad Sulaeman, mengatakan, keanekaragaman di Minahasa menjadi cerminan sumber pangan di Tanah Air. Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam, termasuk kebiasaan dalam mengonsumsi makanan. "Sehingga, penduduk Indonesia tidak difokuskan pada satu jenis makanan," katanya.

Tak hanya untuk konsumsi, tren makanan saat ini telah bergeser sebagai produk obat. Sementara itu, globalisasi menghasilkan fakta bahwa terjadi situasi keamanan pangan yang kompleks. Konsumsi makanan pada era global adalah proses yang berisiko.

Solusinya, kata Sulaeman, adalah kembali ke pangan lokal. "Tuhan sudah melengkapi gizi suatu daerah dengan pangan yang tumbuh di sekitar mereka. Itulah yang seharusnya dikembangkan," ujarnya. Friska Yolandha

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement