Selasa 18 Oct 2016 14:00 WIB

Mengasah Pengelolaan Keuangan pada Anak

Red:

Program pembelajaran pengelolaan keuangan untuk anak-anak bertajuk "Cha-Ching Goes to School"  berlanjut. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggelar program  tersebut di SDN Tanjung Duren Selatan 01 Pagi (13/10), mulai 27 September hingga 27 Oktober 2016.

 

Ada pun Cha-Ching yang telah diluncurkan dari 2012 merupakan bagian dari rangkaian tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Kegiatan sosial ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep pengelolaan keuangan bagi anak-anak tingkat SD, mulai dari usia  tujuh hingga 12 tahun. Sejak diluncurkan, program ini telah menjangkau lebih dari satu juta anak. Tahun ini rencananya akan menjangkau lebih dari 1.300 anak tingkat SD.

 

Program ini memperkenalkan empat konsep keuangan, yaitu: memperoleh (earn), menabung (save), membelanjakan (spend), dan menyumbang (donate) bagi anak-anak dengan cara menarik melalui pembelajaran daring (online) interaktif dengan karakter animasi, musik, dan video.

 

"Prudential berkeyakinan bahwa perusahaan memiliki peranan besar untuk menanamkan nilai-nilai tentang pengelolaan keuangan yang baik dalam masyarakat, termasuk anak-anak sejak usia dini," ujar Corporate Marketing and Communications Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo.

Program Cha-Ching, kata dia, melanjutkan, mengemas nilai-nilai tersebut dengan aktivitas pendidikan yang menyenangkan dan interaktif bagi anak. Melalui program ini, mereka  diharapkan dapat mudah memahami dan bisa menerapkan konsep tersebut ke dalam kehidupan mereka sehari-hari.

 

Di samping itu, kata Management Advisor dari Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner, Cha-Ching merupakan program dengan pendekatan yang sangat inovatif dalam membangun dasar pemahaman literasi keuangan bagi anak-anak. Peralatan dan strategi yang dikembangkan dan diimplementasikan oleh Prudential sangat relevan dan menghibur.

Pendekatan dalam Cha-Ching membuat anak-anak terlibat dalam pelajaran tentang uang serta membuat keputusan keuangan dengan kesadaran penuh merupakan suatu nilai yang sangat penting dalam hidup.

Pengelola SDN Tanjung Duren Selatan 01 PG Jakarta mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiatif Prudential Indonesia yang aktif dalam berpartisipasi mengasah keterampilan pengelolaan keuangan anak-anak di sekolah ini. Umumnya, anak-anak mendapat uang saku dari orang tua dan hanya memiliki pemahaman sebatas membelanjakan uang tersebut. "Dengan program Cha-Ching, kami berharap mereka dapat memahami pengelolaan keuangan sehingga bisa bermanfaat bagi kehidupan mereka dan di lingkungan sekitarnya," ujar Mulyadi, kepala SDN Tanjung Duren Selatan 01 Pagi.      rep: Rossi Handayani, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement