Selasa 09 Aug 2016 17:00 WIB

Pertamina Ingin Lebih Dekat Lagi dengan Masyarakat

Red:

Pertamina Days "Green Fair 2016" yang menghadirkan beragam kegiatan mendapat respons positif. Kegiatan ini selain untuk terus memperkenalkan bisnis, teknologi, dan pengembangan energi Pertamina, juga menjadi ajang mengenalkan dan mendekatkan perusahaan serta berinteraksi langsung dengan masyarakat, khususnya warga Jakarta.

Gelaran tersebut juga menjadi wadah yang baik bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan Pertamina untuk bertemu langsung dengan calon pembeli.

Tiga mitra binaan Pertamina MOR III Jawa Bagian Barat, diberi kesempatan memamerkan serta menjual karya mereka di sebuah stan yang  disiapkan. Salah satunya adalah produk Share Bag, yang menjual tas lipat ramah lingkungan.

Usaha Share Bag ini, dimulai dua tahun lalu oleh Muhammad Zain Imtiyaz yang prihatin melihat kemiskinan di Pandeglang, Jawa Barat. Zain mengakui bahwa tingkat kemiskinan di daerah tersebut terjadi lantaran rendahnya pendidikan masyarakat di sana.

Zain mengungkapkan, kegiatan Pertamina Days "Green Fair 2016" merupakan ajang yang baik bagi perajin tas untuk berinteraksi dengan masyarakat. "Visi kami adalah untuk menciptakan kemandirian masyarakat Pandeglang. Usaha Share Bag merupakan sebuah wadah tempat warga belajar, berkreasi, serta berinteraksi untuk mencapai kemadirian tersebut," ungkapnya.

Ia melanjutkan, melalui Pertamina Days "Green Fair 2016" ini, pelaku UKM dilibatkan secara langsung untuk hadir dan bertemu dengan calon pembeli. Dengan begitu, para pelaku UKM merasa bangga dengan produk karyanya serta mengetahui kondisi pasar sesungguhnya. Dalam waktu dua tahun, Share Bag telah berhasil meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, dari  sebelumnya  Rp 10 ribu per hari setiap kepala keluarga menjadi Rp 35 ribu. 

Junior Officer Corporate Social Rersponsibility (CSR) Pertamina Jawa Bagian Barat, Aditya Nugrahadi, mengatakan, Pertamina Days merupakan bagian dari upaya menyebarkan informasi tentang proses bisnis perusahaan yang disampaikan dengan cara menyenangkan. Lebih dari itu, stan CSR juga bertujuan untuk menunjukkan komitmen berkelanjutan Pertamina dalam memberdayakan masyarakat di sekitar daerah operasional.

Pertamina Days "Green Fair 2016"  berlangsung selama tiga hari ( 29-31/7)  di Kota Kasablanka, Jakarta. "Melalui acara ini, kami berharap dapat memupuk rasa memiliki, percaya, dan bangga terhadap Pertamina berikut produk-produknya," ujarnya.     Rossi Handayani, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement