Selasa 26 Jul 2016 18:00 WIB

Philips dan Telkom Group Bantu Turunkan AKI

Red:

Royal Philips dan Telkom Group juga berkolaborasi untuk membantu mengurangi tingkat kematian ibu dengan program telehealth (T-Health). T-Health, solusi telehealth berbasis smartphone, membantu mengidentifikasi ibu hamil dengan risiko komplikasi.

Peluncuran program ini dilakukan di Puskesmas Percontohan Twano Entrop, Jayapura oleh Wali Kota Jayapura, Benhur Tommi Mano, Presiden Direktur Philips Indonesia, Suryo Suwignjo, serta Direktur Marketing & Business AdMedika (grup Telkom), Hesti Nugrahani.

Berdasarkan data Profil Kesehatan Indonesia 2014, hanya 42,76 persen kelahiran di Papua yang dibantu oleh tenaga medis terlatih. Angka ini merupakan terendah di wilayah Indonesia Timur, apalagi jika dibanding dengan tingkat cakupan nasional sebesar 90,88 persen. Data dinas kesehatan setempat pada 2014 mengungkapkan, Angka Kematian Ibu (AKI) adalah 422 per 100 ribu kelahiran yang juga masih dianggap tinggi jika dibanding dengan angka nasional, yaitu 359 per 100 ribu kelahiran.

"Kami bangga Jayapura menjadi kota pertama di Indonesia Timur yang menggunakan T-Health MOM," kata Wali Kota Jayapura, Benhur Tommi Mano. Dengan T-Health, bidan akan dapat lebih proaktif dalam menjangkau pasien, sehingga kehamilan berisiko bisa dideteksi sedini mungkin dan penanganannya pun  dapat dilakukan pada tahap awal. Hasilnya, Ibu dan bayi bisa selamat dan sehat hingga proses kelahiran.

Inti program T-Health adalah dengan dukungan teknologi dan dokter spesialis, bidan dan dokter umum di puskesmas mampu menjaga sekaligus memantau kondisi kesehatan para ibu hamil. Dengan aplikasi Mobile Obstetrics Monitoring (MOM) di ponsel pintarnya, bidan dapat mengecek kondisi kesehatan ibu hamil di mana pun dan kapan pun. Aplikasi ini juga akan terhubung dengan dokter spesialis yang akan membantu mengidentifikasi ibu dengan risiko komplikasi sedini mungkin.

Presiden Direktur Philips Indonesia, Suryo Suwignyo, mengatakan, melalui upaya penelitian dan pengembangan secara global, Philips berusaha membawa inovasi yang bermakna bagi orang banyak di berbagai bidang.

Di bidang kesehatan, Philips telah mengidentifikasi berbagai cara untuk membuat perawatan medis lebih mudah diakses serta efektif melalui teknologi. "Salah satu inovasi paling efektif dan menjanjikan yang kita lihat di seluruh dunia adalah menyatukan perawatan kesehatan dan teknologi digital."    Oleh Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement