Selasa 28 Jun 2016 17:00 WIB

Belanja Sambil Beramal

Red:

Pada bulan Ramadhan, pola konsumsi masyarakat menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan bulan lainnya. Berdasarkan penelitian oleh lembaga survei MARS Indonesia  tahun 2015, terungkap bahwa sebanyak 61,61 persen masyarakat memiliki alokasi dana yang lebih tinggi untuk dibelanjakan pada momen Ramadhan dan Idul Fitri.

Fakta tersebut didukung oleh temuan bahwa terjadi peningkatan perilaku belanja di semua kalangan masyarakat dengan masing-masing peningkatan sebagai berikut: masyarakat level atas 15 persen, menengah 20 persen, dan bawah 30 persen.

Asto Subroto, co-founder MARS Indonesia, mengungkapkan, fenomena tersebut dipicu oleh kecenderungan masyarakat yang ingin mengatur dana secara khusus untuk dialokasikan dalam  menyambut Idul Fitri. "Masyarakat  telah menjadikan momen Ramadhan dan Idul Fitri sebagai saat yang tepat untuk berbagi kebahagiaan di samping melakukan kegiatan pembelian kebutuhan," ujar Asto.

Sejalan dengan hal tersebut, Asto Subroto menambahkan, ajakan untuk berbagi dan bersedekah banyak digaungkan sebagai bagian dari pelaksanaan Ramadhan. Dengan begitu, kecenderungan masyarakat untuk berbagi dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial juga menjadi lebih tinggi.

Baru-baru ini, Lazada Indonesia menyelenggarakan program "Ramadhan Penuh Hikmah", sebuah rangkaian kegiatan yang berfokus mengajak  konsumen untuk berbagi sekaligus tetap melakukan kegiatan berbelanja selama Ramadhan. Setiap pembelian yang dilakukan, Lazada  akan menyisihkan sebagian dari hasil transaksi tersebut untuk kegiatan sosial yang berkolaborasi dengan Save The Children dan Habitat for Humanity. Konsumen belanja daring (online) bisa  berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan berbelanja pada program promo yang berlangsung dari 21 hingga 28 Juni 2016.

"Lazada sudah hadir selama empat tahun di Indonesia dan kami merasa perlu untuk melakukan kegiatan sosial yang memberikan dampak jangka panjang bagi sebagian masyarakat. Selain itu, di momen  Ramadhan ini, kami  ingin mengajak konsumen untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Nantinya kontribusi ini akan disalurkan melalui kedua NGO tersebut," ujar Florian Holm, co-CEO Lazada Indonesia.

Program Shop to Donate adalah kegiatan donasi oleh Lazada Indonesia bekerja sama dengan Save the Children. Konsumen dapat memilih untuk menggunakan kode vocer belanja SAVETHECHILDREN yang menandakan bahwa dari transaksi yang mereka lakukan, Lazada akan menyisihkan Rp 10 ribu untuk kesejahteraan bayi dan anak-anak di Indonesia.

Selain itu, Lazada juga menginisiasi pembuatan Lazada Village bekerja sama dengan Habitat for Humanity. Lazada akan membangun satu rumah setiap bulan selama satu tahun di area Sentul, Jawa Barat. Setiap pembangunan rumah melibatkan pegawai Lazada yang berbeda-beda sehingga pegawai juga dapat berpartisipasi. "Pembangunan dua rumah pertama sudah dilakukan oleh pegawai Lazada pada 4 Juni lalu," kata Holm.  Dian Fath Risalah, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement