Selasa 31 May 2016 17:00 WIB

Program 'Sahabat Air' di Sekolah Jakarta

Red:

Sejumlah sekolah di Jakarta masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih. Melihat kondisi tersebut, Ancora Foundation dan Levi Strauss and Co berkolaborasi menjalankan  program bertema "Sahabat Air". Program ini memberikan akses air bersih melalui penyediaan fasilitas pemanenan air hujan serta program pendidikan konservasi air di sekolah.

Pendiri Ancora Foundation, Gita Wirjawan, mengaku sangat senang dapat bekerja sama dengan Levi Strauss Indonesia. "Kami memiliki visi dan misi yang serupa, yakni untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujar Gita di SMPN 261 Muara Angke, Jakarta Utara, pekan lalu.

Mantan menteri perdagangan itu berharap upaya meningkatkan akses air bersih ini dapat membangun fasilitas pemanenan air hujan di sekolah yang kekurangan air bersih, serta membekali  siswa dengan pengetahuan untuk melestarikan sumber daya berharga.

Program ini dilakukan bertepatan dengan "Community Day" global yang dirayakan setiap tahunnya. Dalam menjalankan kegiatan semacam ini, kata Gita, membutuhkan kemitraan yang kuat antara pemerintah, swasta, dan elemen masyarakat, terutama di dukungan dunia pendidikan.

Dalam sosialisasi ramah air itu, sebanyak 700 siswa SMP 261 dibekali cara menggunakan air dengan efektif, termasuk kebersihan dan sanitasi. Untuk mempersiapkan hal ini, 50 pegawai Levi Strauss sebelumnya juga telah menjalani pelatihan yang disediakan Project WET (Water Education for Teachers), sebuah LSM yang fokus pada upaya pendidikan untuk pelajar. "Hal itu agar siswa memahami dan menghargai air demi masa depan yang berkelanjutan," paparnya.

Pimpinan Levi Strauss Indonesia, Daniel Sjorgen, percaya air merupakan sumber daya yang penting bagi bisnis, alam, dan juga bagi masyarakat. "Oleh karena itu, salah satu fokus utama kami dalam tindakan keberlanjutan, yakni dengan mengurangi dampak bisnis terhadap air serta meningkatkan kualitas air," ujar Daniel.

Kerja sama dengan Ancora Foundation diharapkan dapat membantu meningkatkan akses air bersih untuk siswa sekolah. Sebab, kualitas air tanah di wilayah Jakarta dinilai tidak memenuhi standar kelayakan air bersih.

Penyanyi yang juga aktivis lingkungan, Nugie, menyambut baik program "Sahabat Air". Menurutnya, mengonservasi air secara fakta degradasi adalah hal yang sangat luar biasa, terutama di daerah pesisir Jakarta yang kualitas airnya sangat buruk.  rep: Dian Fath Risalah, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement