Selasa 09 Feb 2016 15:00 WIB

BCA Kembangkan Kualitas Guru

Red:

Kualitas sumber daya guru yang baik akan berpengaruh pada pola belajar-mengajar di sekolah. Menyadari hal tersebut, PT Bank Central Asia (BCA) terus memberikan perhatiannya terhadap pengembangan kualitas pengajar di Tanah Air.

Pengembangan mutu para tenaga pendidik tersebut diwujudkan oleh BCA dengan menggelar seminar guru bertema "Developing Your Personal Impact and Influence". Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara HUT BCA ke-59 dalam bidang corporate social responsibility (CSR) Bakti BCA pilar Solusi Cerdas.

"Pada umur BCA yang ke-59 ini, BCA menunjukkan komitmennya terhadap kemajuan pendidikan bangsa melalui pengembangan kualitas para pendidik. Tidak bisa dimungkiri, guru merupakan wali siswa di sekolah yang tidak hanya mengajarkan materi berdasarkan kurikulum, namun juga membentuk siswa supaya memiliki karakter yang positif," kata Kepala BCA KCU Serang, Lim Hauw Tjioe, di Serang, Banten, pekan lalu

Disebutkan, siswa sebagai generasi muda yang dinamis menjadi tantangan bagi para guru untuk selalu berinovasi dalam menciptakan gaya mengajar. Sehingga, materi yang disampaikan menjadi relevan dan bisa diterapkan oleh murid-muridnya.

Praktisi komunikasi, Moh Subagio, mengatakan, melalui seminar guru ini, para pengajar diharapkan memiliki cara pandang baru terhadap sistem pendidikan di Indonesia yang sudah berubah seiring dengan perkembangan zaman. Para pengajar tidak hanya bertanggung jawab supaya murid-muridnya cerdas, namun juga berperan dalam membangun generasi muda yang siap menghadapi persaingan di masa depan.

Dalam menjalankan tanggung jawab pengajar tersebut, lanjut dia, para guru perlu terus mengasah pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat bekerja dengan efektif dan profesional. Para guru juga harus menghadapi kenyataan bahwa mereka perlu menyesuaikan diri dengan profil siswa sebagai generasi abad ke-21.

 

Rangkaian seminar guru "Developing Your Personal Impact and Influence" juga digelar di Lampung pada 9 Februari 2016 dan Yogyakarta pada 20 Februari 2016. Tidak hanya itu, BCA memberikan edukasi kepada siswa siswi berprestasi di SMPN 6 Kota Serang mengenai literasi keuangan agar mereka lebih mudah mengelola keuangan dengan mengakses layanan dan fasilitas keuangan, termasuk di antaranya tabungan.

Edukasi literasi keuangan ini juga diberikan kepada siswa berprestasi  di sejumlah SMP negeri. Sementara, siswa SD Binaan Bakti BCA akan diberikan edukasi kesehatan.

Head of CSR BCA Sapto Rachmadi mengatakan, rangkaian edukasi guru dan siswa di Serang ini merupakan wujud konkret dari salah satu pilar Bakti BCA, yaitu Solusi Cerdas. "Suatu kebahagiaan bagi kami karena dapat terus mengembangkan kualitas pendidikan di Serang melalui seminar guru, edukasi literasi keuangan untuk pelajar SMP, dan edukasi kesehatan untuk pelajar SD," ujarnya. ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement