Selasa 02 Feb 2016 14:00 WIB

Abipraya Bangun Nasionalisme Siswa

Red:

Program pengenalan budaya nasional yang dijalankan oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara terus berlanjut. Baru-baru ini, PT Brantas Abipraya memboyong 17 siswa terpilih dari Provinsi Banten ke Manado, Sulawesi Utara.

"Program 'Siswa Mengenal Nusantara' ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari BUMN Hadir untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan ke-70 RI," ujar Atria Dea Prawesti, humas Abipraya dalam siaran persnya.

Di Manado, bersama BUMN lainnya, yaitu PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung dan Perum Peruri, Abipraya melakukan serah terima siswa kepada PT Asuransi Jiwasraya, PT Biro Klasifikasi Indonesia, dan PT Perkebunan Nusantara XII. Selama berkunjung delapan hari, para siswa tersebut, kata Atria, dibawa berkeliling ke banyak tempat untuk menambah wawasan pendidikan, sosial budaya, dan entrepreunership mereka.

Beberapa tempat yang dikunjungi, di antaranya, Taman Makam Imam Bonjol, studi banding ke beberapa sekolah terbaik di Manado, kerajinan khas kain adat Rumah Karema, tempat pembuatan Rumah Panggung Keliling Rurukan, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya kegiatan melalui proses pertukaran informasi dan pengalaman ini diharapkan akan dapat menumbuhkan rasa bangga para siswa sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara.

Program 'Siswa Mengenal Nusantara' ini difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi Indonesia. Kegiatan CSR ini juga menjadi bagian dalam meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementerian BUMN dan  BUMN dalam membangun kapasitas nasional (national capacity building) melalui generasi muda.  Oleh Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement