Selasa 01 Dec 2015 01:00 WIB

Menggalakkan Semangat Cinta Lingkungan

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID, Menggalakkan Semangat Cinta Lingkungan

Program edukasi kepada para pelajar untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati perlu terus digalakkan. Karena itulah, bertepatan dengan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional serta Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada 21 November, Sharp Electronics Indonesia (SEID) meluncurkan komunitas pencinta lingkungan yang diikuti oleh anak-anak muda sewilayah Jabodetabek di Kebun Raya Bogor.

Komunitas "hijau" yang diinisiasi oleh SEID ini diberi nama Sharp Greenerator. Komunitas ini bertujuan untuk membangkitkan semangat dan menggerakkan generasi muda akan pentingnya melestarikan lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati.

"Sharp Greenerator merupakan wujud nyata dari komitmen SEID untuk terus memberikan timbal balik kepada lingkungan dan masyarakat di manapun Sharp beroperasi," kata General Manager Brand Strategy Group Division SEID, Haruhiko Sano.

Dia berharap, komunitas tersebut dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan energi positifnya dalam bidang pelestarian lingkungan, memfasilitasi para siswa untuk memperdalam pengetahuan mengenai masalah lingkungan, dan mendorong untuk melakukan aksi nyata penyelamatan bumi serta membentuk duta-duta lingkungan dari kalangan siswa.

Melalui Sharp Greenerator,  kata dia, pihaknya juga ingin memberikan pengalaman kepada generasi muda untuk melihat, mendengar, dan merasakan secara langsung alam bebas sehingga mereka mampu memahami tata ekosistem yang sesungguhnya.

Saat komunitas ini diluncurkan, anggota yang terdaftar sudah mencapai lebih dari 50 orang dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) di Jabodetabek. Ketika peluncuran, mereka pun langsung diajak tur berkeliling Kebun Raya Bogor dalam ajang wisata flora guna lebih mengenal keanekaragaman tumbuhan yang ada di Bogor.

Nantinya,  kata Sano, para siswa yang tergabung dalam komunitas akan memperoleh lebih banyak lagi kesempatan mengikuti berbagai workshop pelestarian lingkungan rutin bersama SEID. Untuk mendukung aktivitas komunitas ini, SEID pun menggandeng sejumlah mitra organisasi nirlaba lingkungan hidup, seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Bogor untuk aktivitas pelestarian keanekaragaman hayati dan Transformasi Hijau (Trashi) untuk aktivitas yang berkaitan dengan isu reduce, reuse, dan recycle serta budi daya organik dan lainnya.

"Niat Sharp untuk membentuk generasi muda sadar lingkungan tak akan dapat terwujud tanpa dukungan rekan-rekan para organisasi nirlaba yang telah berhasil melangkah lebih jauh dalam mengubah dunia melalui spirit hijau yang sama," katanya.

"Dengan dukungan organisasi tersebut, para anggota komunitas dapat menyalurkan semangat dan pengetahuan yang telah didapatkan ke lebih banyak lagi anak muda sehingga impian kita semua untuk memiliki bumi yang lestari dapat terwujud tak lama lagi," ujar Pandu Setio, manager PR, CSR, & Promotion SEID.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement