Jumat 14 Aug 2015 17:00 WIB

Memerahputihkan Dunia Maya

Red:

Kemeriahan menyambut hari kemerdekaan mulai terasa. Tak hanya terlihat dari banyaknya orang yang berjualan bendera di pinggir jalan, tapi juga di dunia maya.

Sejak awal minggu ini, dunia maya mulai menyambut meriah Hari Kemerdekaan ke-70 Indonesia. Berbagai cara pun dilakukan untuk menggaungkan Indonesia.

Pada Senin (10/8), situs mikroblog Twitter untuk pertama kalinya meluncurkan emoji spesial. Emoji ini adalah sarana bagi pengguna Twitter Indonesia untuk mengekspresikan kebanggaan mereka kepada Republik Indonesia menjelang dan pada saat hari kemerdekaan nanti.

Dengan menggunakan tagar Indonesia dan RI70 saat menulis tweet, pengguna akan melihat emoji spesial ketika mengunggah tweet tersebut. Secara otomatis, emoji bendera Merah Putih akan muncul setiap pengguna menggunakan tagar Indonesia.

Sedangkan, logo Merdeka 70 akan muncul apabila menggunakan tagar RI70. Menurut Media Partnerships Manager Twitter Indonesia Teguh Wicaksono, selama ini Twitter menjadi platform yang dituju banyak orang untuk berinteraksi.

Melalui percakapan terbuka, para pengguna Twitter berkicau langsung mengenai passion mereka, beragam aktivitas kebudayaan, dan berbagai kejadian yang sedang berlangsung. "Kami yakin percakapan mengenai RI70 akan memuncak dalam minggu ini. Emoji ini akan menjadi sebuah cara yang menyenangkan dan berwarna dalam menyatukan Indonesia," ujar Teguh.

Tak hanya Twitter yang hadir dengan hashflag, beberapa akun Twitter juga memiliki berbagai program untuk makin menggaungkan Dirgahayu Indonesia kali ini. Akun Twitter @GNFI yang selalu berbagi berita baik dari Indonesia mengajak Netizen menulis kabar baik dari Indonesia.

Beragam kabar baik yang di-posting akan dinilai dan 17 kabar yang terpilih akan mendapat hadiah dari @GNFI.

17-an di Smartphone

Semakin kencangnya perkembangan zaman, berdampak pada keberadaan budaya lokal Tanah Air. Salah satunya, budaya Indonesia ketika merayakan hari kemerdekaan. Dalam beberapa tahun belakangan, keriuhan lomba 17-an sudah semakin sulit ditemukan.

Padahal, perayaan kemerdekaan adalah salah satu bentuk identitas diri Indonesia. Melihat fenomena hal tersebut, komunitas pembuat aplikasi game asal Yogyakarta, Amikom Game Developer (AGD), merasa prihatin. Mereka terpanggil untuk menghidupkan kembali budaya Indonesia lewat kemampuan yang mereka miliki, yaitu membuat aplikasi.

Permainan panjat pinang yang merupakan salah satu lomba favorit pada hari 17-an, dihadirkan oleh AGD di smartphone lewat aplikasi panjat pinang. "Pokoknya dari kita buat kita," ujar Ketua AGD RR Galuh Acintya. Sejauh ini, AGD telah menciptakan empat aplikasi gratis yang bisa dinikmati pengguna gadget. Selain panjat pinang, AGD juga menggarap permainan sapi gila, ular tangga, dan jumping granny.

Menurut Galuh, respons dari para pengguna terhadap permainan besutan AGD pun menggembirakan. Tak lama setelah AGD meluncurkan aplikasi panjat pinang, permainan ini sempat masuk jajaran top new free di Google Play.

Hanya dalam dua hari, panjat pinang sukses diunduh sebanyak lebih dari 800 kali. Hingga saat ini, game berukuran empat MB ini telah diunduh sebanyak 500 ribu kali.

"Kita sengaja membuat game tentang panjat pinang agar orang luar tahu Indonesia punya lomba khas kemerdekaan," ujar Galuh.

Cara memainkan permainan ini sederhana. Pemain diceritakan ingin memanjat pohon pinang untuk mendapatkan berbagai barang yang telah disiapkan sebagai hadiah.

Tapi, sebelum sampai ke atas, ia harus mampu menghindar dari berbagai rintangan. Bila terkena barang jatuh, karakter terpaksa turun lagi sehingga ia butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Begitu sampai di atas, catatan waktu bisa diunggah dan dibandingkan dengan pemain lainnya.

Selain panjat pinang, lomba yang juga menjadi ciri khas hari kemerdekaan adalah balap karung. Karena perlombaan balap karung di dunia nyata kini sudah sulit ditemukan, bagi yang rindu permainan ini bisa juga memainkannya di smartphone.

Sama seperti game panjat pinang, permainan ini juga dibuat oleh AGD Yogyakarta. Niatnya pun serupa. Yaitu, menghidupkan kembali kemeriahan perayaan kemerdekaan yang sempat hilang.

Pada game yang telah diunduh sebanyak 500 ribu kali ini, terdapat tantangan yang mengharuskan pemain memencet berbagai tombol yang muncul dengan cepat. Dengan refleks yang baik, pemain bisa membawa pemainnya menjadi juara lomba balap karung di antara dua pemain lainnya.

***

Meriah di Toko Aplikasi

Tak hanya dari sosial media, keriuhan menyambut kemerdekaan juga nyata terasa di Android Market dan App Store. Para pengguna smartphone, baik yang berbasis Android maupun Iphone, bisa menikmati puluhan aplikasi bertema Indonesia.

1.    Game Dagelan Cerdas dan Dagelan Cermat.

Dua game yang dirilis pada Senin (10/8) ini merupakan kerja sama antara Dagelan dan developer game lokal, Touchten, ini masing-masing memiliki karakter berbeda. Dagelan Cerdas mengedepankan pertanyaan benar atau salah mengenai ilmu pengetahuan umum. Dalam Dagelan Cerdas, para pemain harus membaca soal dan memilih jawaban dengan cepat dan tepat.

Sementara, Dagelan Cermat lebih mengedepankan ketangkasan berhitung pemainnya lewat soal-soal matematika dasar. Pada game ini, pemain diajak melatih sinkronisasi antara otak dan tangan agar bisa menjawab soal matematika dasar dengan cepat dan tepat.

2.    Geograpiea Indonesia

Aplikasi ini akan menguji pengetahuan kita seputar geografi pulau-pulau di Indonesia. Ada empat level dari soal pertanyaan yang diajukan. Pemain cukup mengeklik salah satu dari beberapa pilihan jawaban yang muncul.

Di bagian akhir setelah menjawab semua pertanyaan, akan muncul data berapa banyak jawaban salah dan benar beserta nilainya. Meski dibuat oleh pembuat game lokal, tampilan grafis aplikasi ini tak kalah dengan game-game yang dibuat pengembang dari luar negeri.

3.    Sang Pahlawan Indonesia

Sesuai namanya, game ini adalah aplikasi yang menyajikan info seputar pahlawan-pahlawan bangsa. Termasuk, tentang sejarah dan peristiwa yang terjadi Indonesia.

Tidak hanya menyajikan berbagai informasi tentang pahlawan Indonesia, ada pula kuis bagi kita yang ingin menguji pengetahuan seputar sejarah bangsa.

4.    Nguri Budaya

Aplikasi ini juga menguji seputar pengetahuan kita tentang Indonesia. Terutama, seputar pahlawan, bangunan, dan lagu daerah. Untuk mempermainkan aplikasi ini sangat simpel, kita cukup mengetikkan jawaban dari pertanyaan berbagai pertanyaan yang muncul.

5.    Jelajah Budaya

Aplikasi ini berupa kuis yang membantu dalam mengenal budaya Indonesia. Mulai dari rumah adat, tarian, makanan, lagu, hingga adat istiadat.

Kuis dikelompokkan menurut daerah-daerah tertentu yang bisa dipilih. Kita cukup menjawab dengan cara memilih satu jawaban dari empat jawaban yang dimunculkan.

6.    Kuis Indonesia

Terdapat berbagai pertanyaan yang dikelompokkan menurut kategori tertentu. Pertanyaan diberikan dalam bentuk pilihan ganda dan esai. Tak hanya hadir dalam format teks, ada pula pertanyaan dalam format gambar.

Kita cukup memberi jawaban berbagai pertanyaan yang muncul hingga selesai. Lalu, di bagian akhir akan muncul nilai yang kita kumpulkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement