Rabu 01 Jul 2015 15:00 WIB

Permata Bank Cetak Wirausaha

Red:

Dalam rangka memperingati Hari Kewirausahaan Nasional pada 16 Juni, Permata Bank bekerja sama dengan Workout Space menggelar Permata Entrepreneurship Workshop pada 11-12 Juni lalu. Para peserta kegiatan tersebut merupakan siswa/siswi SMK dari tiga sekolah binaan Permata Hati, yaitu SMK Farmasi Ditkesad (Citra Dahayu CO). SMKN 5 (SciTech Company) dan SMK Bina Informatika (Pixel Company). Workshop menghadirkan pimpinan korporasi Permata Bank, social entrepeneur dan co-founder Mien R Uno Foundation dan Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI) Sandiaga Uno, dan co-founder Monso House sekaligus pekerja kreatif dan animator Chikita Fawzi. 

Direktur Permata Bank Syariah Achmad K Permana mengatakan, para inspirator itu berbagi pengalaman dalam menjalankan korporasi dan usahanya kepada para siswa. Kegiatan ini juga diadakan sebagai ajang menghadapi Jakarta Student Company Competition yang digelar pada 12 Juni.

Dalam ajang tersebut, ketiga perusahaan siswa tersebut bersaing dengan enam perusahaan siswa lainnya dari seluruh Jakarta. Mereka kemudian mempresentasikan bisnis dan produk mereka. Ia menerangkan, total perusahaan siswa yang dipertandingkan sebanyak 47 perusahaan dari sembilan kota di Indonesia.

Selanjutnya, mereka akan diseleksi dan dipilih sebagai Perusahaan Siswa terbaik dari masing-masing kota. Hanya ada 12 Perusahaan Siswa yang akan melaju ke kompetisi tingkat nasional Indonesia Student Company Competition yang akan diselenggarakan pada Agustus mendatang.

Ia memaparkan, Gerakan Kewirausahaan Nasional ini digelar bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengusaha dan mendongkrak ekonomi Indonesia. Saat ini, menurut dia, jumlah pengusaha di Indonesia hanya sekitar 1,65 persen dari jumlah penduduk, sementara Singapura sebesar tujuh persen, Malaysia lima persen, dan Thailand empat persen.

Ia mengutip pemaparan Menteri Puspayoga bahwa bertambahnya jumlah pengusaha bisa diikuti dengan bertambahnya lapangan pekerjaan. Hal itu pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, menurut dia, Permata Bank mendukung upaya pemerintah meningkatkan jumlah pengusaha Indonesia melalui Permata Student Entrepreneurship Program (PSEP). "Kami memberikan kesempatan kepada anak-anak SMU/SMK untuk mengalami langsung bagaimana cara membangun dan mengelola perusahaan siswa dengan produk yang mereka buat sendiri," paparnya.

Melalui PSEP, para siswa diberikan pengetahuan mengenai dasar-dasar kewirausahaan, baik dari sisi teori maupun praktik. Hal itu karena, program tersebut melibatkan pemangku kepentingan Permata Bank untuk ikut berpartisipasi memberi inspirasi bagi anak-anak. Hal itu di antaranya melalui kunjungan pabrik, mentoring, dan sesi workshop.  

Dalam kesempatan workshop tersebut, Sandiaga Uno mengatakan, wirausaha harus mempunyai mindset yang perlu terus dibina agar peka terhadap lingkungan sehingga dapat mengidentifikasi masalah dan segera mencari solusinya. "Prinsip kerja saya adalah 'empat kerja', yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas," ujar Sandi. N kiki sakinah ed: setyanavidita livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement