Rabu 06 May 2015 16:00 WIB

Meningkatkan Kualitas Hidup Lewat Air Bersih

Red:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tak ada yang bisa memungkiri pentingnya keberadaan air bersih bagi kehidupan. Memiliki akses yang mudah terhadap air bersih tak hanya dapat menjauhkan masyarakat dari berbagai jenis penyakit, tapi juga meningkatkan kualitas hidup.

Upaya menjaga kelestarian air tak jarang pula dilakukan perusahaan sebagai wujud menjalankan program corporate social responsibility (CSR). Salah satu yang melakukannya adalah Aqua.

Bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah dan LSM, Aqua berupaya memberikan kontribusi berupa modal, tenaga kerja, pendampingan, gagasan, dan keahlian. 

Corporate Communication Director Aqua Grup Troy Pantouw mengatakan, sebagai salah satu produsen air minum di Indonesia, Aqua Grup berupaya ikut menjaga kelestarian air sejak 2006. Upaya pelestarian air, lanjut dia, dilakukan dengan mengimplementasikan Pengelolaan Sumber Daya Air Terintegrasi atau Integrated Water Resource Management (IWRM).

IWRM merujuk pada standar pengelolaan air terpadu dari PBB untuk pelestarian air dunia, Global Water Partnership. Dalam rujukan tersebut disebutkan, pengelolaan air haruslah berdasarkan pemahaman kolektif bahwa air merupakan komponen yang tak terpisahkan dari ekosistem, sumber daya alam, sosial, dan ekonomi. 

Menurut Troy, selama ini Aqua Grup menggunakan spring tools, yaitu alat untuk mengukur kinerja dalam mengelola sumber daya air. Hal itu guna memastikan keseluruhan komponen IWRM telah berjalan sinergis.

Pengelolaan sumber daya air yang dilakukan Aqua, ujar dia, berbasis pada Daerah Aliran Sungai (DAS) yang dimulai dari hulu ke hilir. Di hulu, umumnya Aqua menjalankan program konservasi dan keanekaragaman hayati.

Namun, sebelum konservasi dilakukan, Aqua bersama dengan berbagai universitas, baik di Indonesia maupun luar negeri, melakukan studi hidrogeologi. Tujuannya, agar jenis konservasi yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan wilayah tersebut. 

Tidak hanya Aqua, perusahaan Procter & Gamble (P&G) juga menjalankan program CSR dalam bidang pelestarian air dan lingkungan. Dalam satu dekade terakhir, P&G telah membantu menyediakan air bersih ke daerah-daerah yang tertimpa bencana.

Selain itu, P&G juga menyumbang lebih dari 68 juta liter air minum bersih melalui program P&G Children's Safe Drinking Water (CSDW) di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bekerja sama dengan ChildFund Indonesia (CFI), program ini diharapkan membantu memberikan akses air minum bersih. Dengan demikian, kualitas kehidupan lebih dari 8.000 keluarga di delapan desa dalam kurun waktu tiga tahun akan mengalami peningkatan.

P&G Indonesia Corporate Communications Director Nararya S Soeprapto mengatakan, donasi air bersih dilakukan dengan memberikan P&G Purifier of Water atau bubuk dengan teknologi pemurnian air dalam bentuk sachet. Bubuk ini merupakan hasil inovasi yang dikembangkan para ilmuwan P&G bersama dengan US Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Menurut Nararya, bubuk teknologi tersebut dapat membunuh virus dan bakteri yang mematikan, menghilangkan kotoran, parasit, dan polutan lainnya. Di samping itu, serbuk ini juga dapat membuat 10 liter air yang terkontaminasi menjadi air bersih dan dapat diminum hanya dalam waktu 30 menit.

Teknologi dalam sachet ini juga dapat digunakan di mana saja di dunia. Termasuk, di daerah-daerah yang terkena bencana alam atau daerah dengan akses air minum bersih yang terbatas.

Tidak hanya melalui produk, P&G juga berkomitmen dalam meningkatkan kehidupan masyarakat. Yaitu, melalui investasi dan membantu masyarakat yang membutuhkan di sekitar wilayah perusahaan beroperasi.

Program tersebut, kata dia, dijalankan lantaran akses air bersih merupakan salah satu tantangan terbesar yang masih dihadapi Indonesia. Partisipasi ini diharapkan bisa membantu mengurangi krisis air bersih, khususnya bagi masyarakat yang bersentuhan langsung dengan wilayah operasi P&G.

P&G juga bekerja dengan masyarakat, LSM dan mitra swasta untuk mendistribusikan sachet bubuk teknologi dengan biaya subsidi untuk memenuhi kebutuhan air bersih di seluruh dunia. P&G Children's Safe Drinking Water Program Leader Allison Tummon mengatakan, selama lebih dari 10 tahun terakhir Program P&G CSDW telah menghadirkan lebih dari delapan miliar liter air minum bersih untuk masyarakat di 75 negara berkembang. c73/ c93 ed: Setyanavidita Livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement