Senin 17 Oct 2016 14:00 WIB

BINCANG BISNIS- Incar Peluang dari Tren Konsumsi Data Ivollex Hodiny, Growth Director Asia Opera: Incar Peluang dari Tren Konsumsi Data

Red:

Di dunia yang serbadigital saat ini, kebutuhan akan internet sudah sulit untuk dipisahkan dari keseharian manusia. Ham pir seluruh kegiatan ma nusia dapat dilakukan di depan layar. Mulai dari berbelanja, berkomunikasi, hingga men cari berbagai informasi. Kehadiran berbagai peramban laman internet memudahkan manusia untuk menyelami berbagai data informasi.

Peramban web adalah perangkat lunak yang berfungsi menerima dan menyajikan sum ber informasi di internet. Informasi ter sebut dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya. Ada cukup banyak perusahaan peramban atau penje lajah web yang beroperasi di Indo nesia. Sa lah satunya adalah Opera yang me mulai de butnya pada 1996. Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri atas kumpulan perangkat lunak untuk internet, seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektro nik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia.

Semakin hari, pengguna peramban web terus bertambah. Hal ini membuat berbagai per usahaan peramban web memutar otak agar bisa memenangi hati konsumen. Lalu, cara apa yang dipilih Opera untuk menggaet netizen di Indonesia? Berikut hasil wawan cara wartawan Republika Qommarria Rostanti dengan Growth Director Asia Opera, Ivollex Hodiny, di Jakarta, belum lama ini.

***

Bagaimana potensi pasar bisnis pe ram ban web di Indonesia?

Jumlah pengguna mobile browser Opera mencapai lebih dari 300 juta di seluruh dunia dan Indonesia merupakan negara pengguna Ope ra Mini terbesar kedua di dunia. Kami percaya bahwa browser di perangkat mobile akan terus tumbuh. Meskipun jumlah pengguna aplikasi mobile meningkat dengan cepat, mobile browser masih menjadi pilihan bagi banyak pengguna mobile internet di Indonesia.

Berdasarkan US Mobile App report, Septem ber 2015, mobile web memiliki web properties 3,5 kali lebih banyak dan memiliki lima juta lebih banyak pengunjung unik (unique visitors) ketimbang aplikasi. Penelitian oleh Morgan Stanley juga menunjukkan, pengguna mobile browser masih dua kali lipat lebih besar ketim bang pengguna aplikasi.

Alasannya sederhana, setiap aplikasi yang di unduh oleh pengguna akan mengambil mini mal lima megabyte (MB) memori penyimpanan (storage) mereka. Bahkan, sebagian besar aplikasi memakan memori lebih banyak lagi. Hal ini akan menyebabkan smartphone kehabisan memori dalam waktu singkat jika pengguna tidak selektif terhadap aplikasi yang ingin disimpan di ponsel mereka. Dengan mobile browser, peng guna tidak perlu mengalami masalah ini.

Bagaimana cara Opera memanfaatkan potensi tersebut?

Perubahan perilaku pengguna dan tren kon sumsi data saat ini di Indonesia juga menyajikan peluang besar untuk bertumbuh. Kami tidak hanya melihat adanya kebutuhan akan pengalaman browsing yang cepat, tetapi kami juga melihat adanya peningkatan kesadaran pengguna tentang keamanan dan privasi, serta manajemen penghematan data.

Itulah alasan mengapa tidak hanya browser kami yang bertumbuh dari segi pengguna, tapi juga aplikasi manajemen data android kami, Ope ra Max, serta Opera VPN, aplikasi VPN man diri yang dikembangkan oleh divisi SurfEasy Opera. Opera, bersama dengan Google, sangat mendukung Progressive Web Apps.

Web app (aplikasi web) merupakan aplikasi yang berjalan di browser pada perangkat ponsel pengguna. Dengan web app, tidak diperlukan lagi aplikasi asli (native app) yang berjalan pada program terpisah. Progressive web apps ini ber tujuan untuk memberikan pengalaman ga bung an terbaik dari web browser, seperti pembaruan segera, basis HTML dan beban minimal terhadap penyimpanan memori, serta mobile native app, misal push-notification, akses offline, dan kemampuan untuk menambahkan situs ke layar utama ponsel.

Apakah Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi Opera?

Kami memiliki basis pengguna yang sangat besar di negara-negara berkembang, tempat jaringan seluler dan ponsel pintar berspesifikasi rendah masih mendominasi. Aplikasi web dapat menjadi pilihan yang sempurna karena memiliki ukuran file yang lebih kecil dibandingkan native apps, dan pengguna bisa mendapatkan peng alaman berinternet yang sangat ringan.

JalanTikus dan Kaskus adalah beberapa peng adopsi awal dari progressive web apps di Indonesia. Dengan progressive web apps, peng guna dapat dengan mudah memuat halaman web dan menambahkannya ke layar home me reka, tanpa perlu menyimpan aplikasi berukuran 100 MB pada ponsel.

Kami juga melihat bahwa e-commerce se dang booming di Indonesia dan kami berparti sipasi secara aktif dalam kegiatan-kegiatan ecommerce untuk membangun kemitraan yang kuat dengan perusahaan-perusahaan e-com merce di Indonesia. Baru-baru ini kami melaku kan survei sederhana melalui media sosial terkait dengan belanja daring.

Kami menemukan ada tiga aspek yang meng halangi pengguna untuk memiliki pengalaman belanja daring terbaik, yakni iklan pop up (46 persen), waktu memuat gambar yang lambat (33 persen), serta aplikasi crash (11 persen). Seba nyak 36 persen responden juga menyatakan, mereka tidak memiliki cukup ruang pada memori ponsel untuk membuka beberapa aplikasi yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Hal ini juga dapat diatasi dengan penggunaan progressive web apps.

Bagaimana strategi Opera agar mam pu memenangi persaingan dengan per usa haan browser lain di Indonesia?

Opera Mini mampu memberikan solusi terhadap berbagai masalah yang dihadapi online mobile shoppers ini. Baru-baru ini, Opera Mini telah meluncurkan native ad-blocker pertama nya, sehingga dapat memuat halaman hingga 15 persen lebih cepat dibandingkan browser lain nya. Opera Mini juga telah meningkatkan fitur penghematan data yang dapat menghemat data hingga 90 persen dibandingkan browser lainnya. Fitur-fitur ini diluncurkan untuk meng atasi masalah iklan pop-up yang mengganggu, serta memotong waktu yang dibutuhkan untuk me muat situs web tertentu.

Bagaimana Opera memandang para kompetitor?

Di Opera, kami selalu melakukan yang ter baik untuk mendengarkan kebutuhan pasar, agar kami dapat melengkapi produk dengan fitur yang relevan bagi pengguna. Kami melihat bahwa mobile commerce telah menjadi fokus di Indonesia. Itulah alasan mengapa beberapa pembaruan yang kami sajikan dalam produk-produk kami, ter masuk dalam Opera Mini, benar-benar diran cang untuk meningkatkan keseluruhan peng alaman browsing dan belanja daring.

Sebuah penelitian baru-baru ini juga menya takan bahwa lima dari 10 orang Indonesia gemar menonton video melalui smartphone. Melihat hal ini, kami menyediakan fitur video download, yang memungkinkan pengguna untuk menonton video yang diinginkan secara luring (offline). Kami juga menangani masalah koneksi internet yang lambat melalui fitur adblock, sehingga dapat memuat halaman 15 persen lebih cepat dan dapat menghemat data hingga 90 persen.

Selain itu, kami juga memperkenalkan Opera Max, aplikasi manajemen data yang memudah kan pengguna untuk mengawasi berapa banyak data yang dikonsumsi, bahkan membatasi berapa banyak konsumsi data mereka sehari-hari. Kami juga memperhatikan masalah keamanan dan pri vasi pengguna dengan menyediakan Opera VPN. Fitur ini menyajikan lebih dari sekadar per lin dungan terhadap privasi daring pengguna, tapi juga dapat mendeteksi apakah jaringan wifi yang digunakan oleh pengguna aman dari berbagai ancaman. Portofolio kami di Indonesia tersedia lengkap untuk berbagai kebutuhan yang berbeda dan semuanya memiliki satu tujuan, yakni pengalaman browsing yang lebih cepat dan lebih baik.

Apa saja yang akan Opera lakukan un tuk merebut hati pengguna internet di In donesia?

Kami ingin agar pengguna di Indonesia men dapatkan pengalaman berinternet terbaik de ngan Opera. Saat ini, banyak masyarakat Indone sia yang terhambat oleh spesifikasi ponsel atau pun batasan paket data mereka. Inilah yang mendorong kami untuk terus mengembangkan Opera Mini.

Kami berterima kasih kepada Indonesia kare na telah menjadi rumah bagi pengguna Opera Mi ni terbesar kedua di dunia. Hal ini membuk tikan bahwa Opera telah menjadi teman terper caya dalam kebiasaan berinternet pengguna di Indonesia secara keseluruhan. Kemampuan kompresi data, memblokir iklan, serta aplikasi yang ringan menjadi keunggulan utama produkproduk Opera.

Saat ini, kami fokus pada pengembangan fitur-fitur yang diinginkan oleh pengguna pada mobile browser mereka. Salah satu inisiatif yang sedang kami bangun adalah melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan penyedia konten lokal, untuk meningkatkan pengalaman berinter net dan konten dalam browser. Semoga dalam waktu dekat ini, kami dapat mengumumkan informasi lengkapnya di Indonesia.

Saat ini ada perusahaan kompetitor yang membantu pengembangan develo per lokal di Indonesia. Bagaimana dengan Opera? Apakah tertarik melakukan hal sama?

Kami sangat terbuka untuk menjalin kerja sa ma berkelanjutan dengan pengembang, media, atau komunitas yang relevan dan memiliki nilai yang sama dengan Opera. Kami juga selalu terbuka untuk mendengar saran atau pendapat dari penggemar ataupun komunitas kami di In do nesia, sehingga dapat menghadirkan koneksi dan pengalaman berinternet yang lebih baik.

Apakah Opera tertarik merambah ke pembuatan hardware?

Saat ini, fokus kami sebagai perusahaan internet adalah untuk memberikan pengalaman internet yang terbaik untuk pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Apa saja tujuan yang hendak dicapai Opera hingga akhir tahun ini?

Pada akhir kuartal kedua 2016, kami meng alami pertumbuhan yang pesat pada berbagai consumer product Opera. Secara global, kami telah mengalami peningkatan sebanyak tiga juta pengguna Opera browser untuk android hingga mencapai 142 juta pengguna. Sedangkan Opera Max telah mencapai 30 juta pengguna per Agus tus 2016, dengan pertumbuhan 240 persen pada kuartal kedua.

Adakah hal-hal baru yang disiapkan Opera untuk menghadapi persaingan brow ser yang semakin ketat tahun depan?

Saat ini, ada sekitar 88 juta pengguna in ternet di Indonesia dan ada pertumbuhan yang signifikan dari tahun ke tahun. Penelitian dari eMar keter menyatakan, akan ada 112 juta peng guna internet di Indonesia pada 2017. Hal ini menyajikan peluang pasar yang sangat besar bagi perusahaan-perusahaan internet, termasuk Opera.

Bicara soal browser, Opera adalah inovator dan pelopor. Kami memiliki sejarah panjang dalam menciptakan inovasi yang menyebar ke browser lain, seperti tab dan speed dial. Kami juga bangga sebagai browser yang pertama kali mengintegrasikan VPN dan ad-block pada browser kami. Kami memiliki tujuan utama memberikan produk berkualitas terbaik yang fokus pada pengguna.     ed: Mansyur Faqih

***

Menggabungkan Sains dan Seni Lewat Memasak

Ivollex Hodiny memang lebih fasih berbicara dalam bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. Penyebabnya, dia tumbuh dan besar di Inggris. Meski begitu, Ivollex lahir di Indonesia. Baru pada 23 tahun yang lalu, dia pindah dan menetap di Singapura. Layaknya kebanyakan orang, Ivollex sangat menikmati waktu luangnya ketika hari libur tiba. Bersama keluarganya, Ivollex sering menghabiskan waktu luang di rumahnya untuk memasak.

"Memasak bagi saya merupakan gabungan antara sains dan seni," kata Growth Director Asia Opera tersebut kepada Republika, beberapa waktu lalu.

Baginya, memasak tidak serta merta mengenai hasil akhir saja. Proses persiapannya memiliki efek terapeutik dan memberikannya kesempatan untuk menjalin hubungan sebagai sebuah keluarga, dengan cara yang paling produktif.

Tak hanya memasak, pada waktu luang, biasanya Ivollex juga gemar membaca dan mencari tahu tren teknologi terbaru. "Tak bisa disangkal, saya adalah seorang kutu buku, terutama jika menyangkut teknologi dan gadget," ujar dia.

Lewat kegiatan itu, Ivollex kerap membaca ulas an produk teknologi, bermain-main dengan server, dan mengoptimalkan jaringan rumahnya un tuk peralatan-peralatan rumah tangga. Sema cam internet of things (IoT), yakni sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Dia juga suka membaca tentang desain modern pertengahan abad ke-20.    rep: Qommaria Rostanti, ed: Mansyur Faqih

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement