Senin 16 Nov 2015 17:00 WIB

Magnus Ekbom, Chief Executive Officer Lazada: Target Bukan Masalah Yang Penting

Red:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perdagangan elektronik (electronic commerce/e-commerce) semakin menjamur di Indonesia. Berbagai perusahaan bersaing untuk pangsa pasar di Tanah Air. Satu di antaranya adalah Lazada, perusahaan e-commerce yang menawarkan pengalaman berbelanja mudah dan nyaman.

Chief Executive Officer Lazada, Magnus Ekbom, bercerita banyak mengenai perkembangan perusahaan yang masih seumur jagung, tetapi memiliki kekuatan yang begitu baik di industri ecommerce. Pria yang memiliki hobi berselancar ini sudah memimpin Lazada Indonesia sejak 2012. Ia juga yang berada di balik suksesnya Lazada yang telah memasuki tahun keempat. Berikut petikan wawancara Republika dengan alumnus Universitas Stockholm tersebut di Jakarta, belum lama ini.

Bagaimana Lazada melihat perdagangan elektronik di Indonesia?

Saya pikir kalau kita melihat, industri perdagangan elektronik berkembang dengan sangat cepat. Ketika kita melihat ke belakang dalam tiga sampai empat tahun lalu, banyak orang yang pergi ke pusat perbelanjaan, tetapi tetap menggenggam telepon selulernya. Di mana pun itu, baik di kendaraan, taksi, bus, maupun lainnya, mereka tetap melakukan hal yang sama. Ini tentunya menjadi kesempatan yang besar bagi kami, dan e-commerce berkembang dengan sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini Anda tidak dapat membatasi bagaimana kuatnya perdagangan elektronik. E-commerce begitu funda mental di dunia ritel.

Bagaimana Anda melihat tren e-commerce di Indonesia?

Indonesia sempat mengalami stagnasi ekonomi, bisnis online pada 2014 tidak begitu berkembang secara signifikan. Tapi banyak orang yang mengubah kebiasaan dari kegiatan offline ke online, ada masa di mana transisi itu berjalan. Industri ecommerce benar-benar berjalan dengan baik. Tentunya setiap tahunnya jumlah perusahaan yang bergerak di bidang ecommerce terus saja bertambah.

Produk yang paling favorit di Indonesia?

Setiap hari pastinya akan berbeda-beda. Setiap hari juga produk terus bertambah. Elektronik memang menjadi salah satu yang paling favorit. Pada kehidupan saat ini Anda dapat membeli apa saja, seperti makanan, dan apa pun yang Anda inginkan untuk keluarga. E-commerce menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan Anda.

Bagaimana Lazada datang ke Indonesia, kemudian bagaimana posisinya saat ini?

Lazada didirikan pada 2012 dan kini juga ada di negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Indonesia merupakan pasar yang besar dengan jutaan penduduk. Ketika Lazada datang ke Indonesia, Lazada menjadi market leader di Indonesia dengan platform terbesar dan memiliki banyak kategori. Saya senang akan hal itu. Di industri ritel Indonesia, ecommerce menjadi bagian yang paling penting. E-commerce memiliki kekuatan yang begitu besar, lihat saja dengan kesem patan yang ada sekarang.

Keunggulan Lazada dibandingkan online shop lain nya?

Saya pikir ada banyak perbedaan yang ditawarkan Lazada dibandingkan e-commerce lainnya. Pertama, Lazada memiliki jumlah produk yang begitu banyak dan tingkat produk sesuai dengan yang Anda inginkan. Itu tentunya penawaran fantastis yang bisa kami berikan pada konsumen.

Kedua, kami memiliki barang-barang dengan keaslian yang terjamin. Itu adalah hal terpenting yang bisa kami tawarkan kepada konsumen. Ketiga, Lazada tak hanya tentang berjualan produk dengan cara online. Tapi ini juga tentang bagaimana pengiriman barang, kemudian memastikan boks tiba tepat pada waktunya.

Kami meyakinkan konsumen untuk mendapat pengalaman belanja yang lebih dibandingkan e-commerce lainnya. Selain itu, untuk terus memanjakan konsumen, Lazada juga memiliki beragam bentuk pengiriman barang. Lazada sendiri juga memiliki perusahaan logistik yang kami sebut dengan Lazada Express. Hari ini kami memiliki perusahaan yang besar dan kami akan terus mengembangkan perusahaan kami dalam beberapa tahun ke depan.

Di Filipina, Lazada menghadapi kasus terkait barang palsu, bagaimana sebenarnya perusahaan memastikan barang sampai ke tangan konsumen?

Ada jutaan produk yang bisa kami tawarkan dan kami memiliki prosedur untuk memastikan barang yang dijual, bagaimana keaslian barang yang diterima konsumen. Setiap bulan, tentunya ada banyak barang yang kami kirimkan. Dalam proses ini, saya rasa tidak akan menjadi sebuah proses yang sempurna.

Yang jelas kami terus meningkatkan kinerja dengan baik. Kami tidak dapat memastikan ke depan tidak ada lagi perihal seperti ini karena kami mengirim banyak paket setiap harinya. Yang jelas Lazada akan terus memastikan yang terbaik. Kami akan terus melakukan proses yang lebih baik setiap harinya.

Bagaimana hubungan Lazada dengan perusahaan yang memilih Lazada sebagai rekan eksklusif?

Kami memiliki exclusive partner dengan adanya kekuatan terbaik dari komitmen antara kedua belah pihak. Seperti kita lihat, saat ini banyak dari perusahaan elektronik ataupun fesyen. Mereka menginginkan tempat yang tepat untuk memasarkan produk yang mereka miliki. Sebuah tempat di mana memiliki kepercayaan yang tinggi dari konsumen dan tempat tepercaya untuk membeli barang.

Kami memiliki hubungan kerja sama yang kuat dengan banyak brand elektronik dan fesyen. Lazada sendiri memiliki posisi yang unik. Lazada mempunyai kekayaan dan kekuatan platform, dan semua ini dibangun dengan kepercayaan, tentunya kami akan terus mengembangkan ini.

Contohnya, kami memiliki hubungan baik dengan Lenovo. Mereka ingin menguasai pasar, mereka melakukan komunikasi dengan kami. "Hey guys, kami ingin menjual produk, bisakah kamu membantu kami?" Lalu, kami menjawab, "Ya tentu saja, kami akan memberikan Anda solusi terbaik, one stop solution. Kami memiliki kualitas terbaik dalam pengiriman barang, dan itu yang kami tawarkan di lingkup Asia Tenggara ini."

Bisa dijelaskan mengenai Lazada University?

Lazada memiliki lebih dari 35 ribu seller di Asia Tenggara dan angka penjual yang besar juga ada di Indonesia. Kami akan terus melanjutkan untuk memberikan para penjual sebuah pelatihan. Bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesan di dunia e-commerce.

Memberikan pelatihan bagaimana mereka memajang barang, memastikan cara kerja yang baik, mengatur pasar, bagaimana mereka mengemas merek mereka di website. Semua hal tersebut dapat dilakukan di Lazada University.

Tentunya dengan difokuskan kepada para penjual, akan ada banyak pengetahuan didapat dari sana, karena kami harus memberikan informasi di berbagai negara di Asia Tenggara. Saya pikir ini adalah latihan terbaik yang kami tawarkan, bagaimana mereka bisa sukses dengan bergabung bersama dengan Lazada.

Apa strategi yang diterapkan Lazada untuk me ningkatkan penetrasi pasar di Indonesia?

Tentang strategi bisnis yang dimiliki Lazada, itu adalah apa yang kami lakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi para penjual dan pembeli. Bagaimana kami bisa lebih atraktif dalam platform se hingga bisa mudah untuk digunakan dan memberikan pe nawaran yang tepat.

Bagaimana seller berpikir kami memiliki kekuatan yang terbesar dan tentunya akan ada banyak hal. Selain itu, juga peningkatan di bidang teknologi dan IT, logistik, pembayaran, dan lainnya. Kami akan selalu melakukan yang terbaik bagi para seller dan buyers.

Kami juga akan terus menambahkan kategori di pilihan berbelanja Lazada. Sebelumnya, kami telah menambahkan kategori olahraga, produk rumah tangga, dan lainnya. Lalu, menambahkan lebih banyak pilihan produk bagi konsumen, meningkatkan pengalaman belanja hanya dengan ujung jari.

Kami akan terus fokus dengan apa yang harus kita lakukan, pengalaman yang lebih baik, kualitas lebih dan lainnya.

Apa target Lazada untuk tahun ini dan dalam jangka panjang?

Bagi saya, target tidak menjadi masalah yang penting. Yang jelas kita harus tetap fokus pada apa yang kita lakukan untuk membangun dan menambah kemampuan bagi platform yang kami miliki dengan upaya semaksimal mungkin.

Lazada adalah platform terbaik dalam berbelanja dan penjualan. Lazada juga akan terus mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Kami memiliki kantor di tujuh kota, selain itu kami juga memiliki penyimpanan barang di Jakarta dan Surabaya.

Indonesia akan menggelar hari belanja online, apa persiapan Lazada?

Ini adalah revolusi online dan akan dimulai bukan hanya satu hari. Lazada akan memulainya pada tanggal 11 bulan 11. Ini akan menjadi bulan yang menyenangkan. Kami memberikan penawaran yang fantastis dan semua itu akan berakhir pada hari be lanja online pada tanggal 12 bulan 12. Semua orang pastinya akan terus berbelanja, jika mereka tidak melakukannya, saya tidak tahu apa yang mereka lakukan pada bulan tersebut.  c11 ed: Mansyur Faqih

***

Bekerja Itu Menyenangkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Banyak di antara para pekerja yang tidak menikmati waktunya di kantor. Pada awal pekan, para pekerja banyak yang berpikir, bagaimana melalui masa kerja selama lima sampai enam hari di kantor dengan cepat.

Tak heran jika para pekerja kerah putih ataupun kerah biru begitu senang jika sudah berada dekat dengan akhir pekan. Karena akhir pekan merupakan momen terbaik untuk memanjakan diri.

Namun, bagi Magnus Ekbom, pekerjaan adalah bagian yang paling menyenangkan dalam hidupnya. Magnus begitu menikmati kesehariannya bekerja sebagai chief executive officer Lazada.

Bertemu dengan rekan kerja, mencari solusi masalah kerja, membuat inovasi terbaru adalah hal-hal yang menyenangkan baginya. Ia mengaku tidak harus menantikan akhir pekan untuk menghabiskan waktu bersantai.

Selama tinggal di Indonesia, Magnus mendedikasikan kesehariannya, sepenuhnya untuk bekerja. Karena ia sangat menikmati setiap waktunya bekerja dan tidak menjadikannya sebagai beban hidup yang berat. "Bekerja adalah bagian dari kehidupan saya di sini. Saya memiliki momen indah saat saya bekerja, bekerja di kantor itu sangat menyenangkan," ujar pria berusia 29 tahun tersebut.

Magnus sendiri sudah menetap di Jakarta sejak empat tahun lalu. Pria berkebangsaan Swedia itu pun sudah terbiasa dipanggil dengan sebutan 'bule'. Meski kerap bekerja, Magnus tetap meluangkan waktu untuk berolahraga. Ia mengaku menyukai apa pun kegiatan yang berhubungan dengan olahraga.

Tak heran jika kemudian Magnus turut menambahkan kategori olahraga di pilihan berbelanja Lazada. Terkadang ia juga berperan sebagai konsumen dengan berburu segala benda yang berkaitan dengan olahraga.

Jenis olahraga yang ia geluti, antara lain, lari, tenis, selancar, golf, dan lainnya. "Berselancar dan bermain dengan ombak di pantai merupakan olahraga yang paling saya sukai," kata dia.

Setiap ada kesempatan, ia pun akan mengelilingi tempat-tempat wisata di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mencari udara segar, hal yang sulit didapat di Jakarta. Biasanya, ia lebih memilih untuk mencari udara pantai. Karena destinasi itu sekaligus untuk menyalurkan hobinya berselancar.  c11 ed: Mansyur Faqih

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement