Senin 08 Sep 2014 13:00 WIB

Tomoki Uchida, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor: Janji Samurai untuk Industri Otomotif Indonesia

Red:

Sebagai salah satu negara berpenduduk terbanyak di dunia, In donesia tak ayal menjadi perhatian pelaku industri otomotif. Honda Prospect Motor (HPM) adalah salah satu pelaku yang berusaha memenuhi kebutuhan kendaraanmasyarakat Indonesia. Masih be lum meratanya pendapatan an tara penduduk di Indonesia barat dengan Indonesia timur dilihat sebagai peluang di masa mendatang. Wartawan Republika Agus Raharjo dan fotografer Darmawan berkesempatan berbincang dengan orang nomor satu di HPM beberapa waktu lalu. Berikut kutipan wawancaranya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Darmawan/Republika

Tomoki Uchida

Prediksi industri otomotif Indonesia?

Negara ini adalah negara yang terbesar di ASEAN. Indonesia juga menjadi negara dengan penduduk paling banyak keempat di dunia. Hal ini membuat potensi kemajuan industri otomotif di Indonesia sangat besar. Meskipun terkadang industri otomotif di Indonesia mengalami pasangsurut, saya yakin ke depannya, industri otomotif di Indonesia akan terus tumbuh, bahkan menjadi terbesar di ASEAN. Sebab, populasi yang banyak akan sangat mendukung kemajuan industri otomotif di Indonesia.

Selain itu, potensi besar untuk industri otomotif di Indonesia adalah masih adanya perbedaan GDP (gross domestic product) di antara masing-masing wilayah di Indonesia. Di Jakarta, misalnya, pendapatan per kapita masyarakatnya dapat dibilang menjadi yang terbesar di Indonesia se dang kan di wilayah Indonesia bagian timur, seperti Sulawesi, Nusa Tenggara, masih sangat kecil. Kondisi ini berarti masih banyak peluang untuk pengem bang an industri di Indonesia, terutama untuk industri otomotif. Kalau penda patan per kapita di Indonesia merata, saya optimistis di Indonesia bagian timur, in dustri otomotif dapat berkembang dengan pesat.

Menurut Anda, segmen mobil apa yang akan terus tumbuh di Indonesia?

Saya rasa segmen low multi purpose vehicle (LMPV) tetap akan menjadi segmen mobil pertama yang paling diminati di Indonesia. Segmen ini menjadi segmen paling mengesankan di industri otomotif Indonesia karena sesuai dengan karakter konsumen yang ada di Indonesia. Mobilmobil LMPV akan tetap menjadi pasar paling besar untuk industri otomotif di Indonesia. Melihat karakter sejarah karakter masyarakat Indonesia yang memiliki keluarga besar, kendaraan yang paling cocok untuk membawa seluruh anggota keluarga adalah mobil LMPV. Selain itu, saya memprediksi segmen baru mobil low cost green car (LCGC) juga akan ikut tumbuh.

Juga segmen mobil sport utility vehicle (SUV). Segmen ini tersedia bagi konsumen LMPV yang ingin meng-upgrade mobil mereka lebih ke atas. Namun, sekarang pasar di segmen ini belum terlalu besar di Indonesia. Tapi, kemungkinan besar akan ikut tumbuh bersama konsumen yang ingin meng-upgrade kendaraan mereka.

Bagaimana dengan mobil sedan Hon da?

Pada dasarnya, kita memiliki konsumen loyal untuk segmen sedan di Honda. Jadi, saya ingin tetap melanjutkan tradisi Honda yang dikenal sebagai produsen mobil sedan kelas atas. Yaitu, dengan tetap mempertahankan pasar sedan di Indonesia melalui produk-produk sedan Honda, seperti Civic, City, maupun Accord. Pasar sedan memang tidak terlalu besar karena sedan biasanya dilirik adalah konsumen kelas atas dan hanya meraih lima persen pasar otomotif di Indonesia. Namun, tra disi Honda sebagai produsen mobil sedan akan tetap kami lanjutkan di Indo nesia sehingga konsumen loyal juga dapat me nikmati kemajuan bersama Honda.

Dengan capaian Honda tahun ini yang fantastis, bagaimana tanggapan Honda Motor Corporation?

Mr Ito sebagai presiden Honda Cor poration memiliki ekspektasi yang tinggi. Dia pernah bertanya langsung pada saya tentang Honda di Indonesia dan saya menegaskan bahwa saya akan menjual lebih dari 300 ribu unit sampai 2016. Dia me nga takan pada saya bahwa saya harus tetap tinggal di Indonesia untuk mereali sasikan target yang telah saya ucapkan itu. Kepercayaan Mr Ito ini membuat saya sangat senang. Apalagi, saya juga sangat senang tinggal di Indonesia. Saya akan memenuhi target 300 ribu unit itu karena Mr Ito selalu ingat dengan janji saya itu. Artinya, Honda Corporation menaruh ekspektasi yang besar terhadap konsumen di Indonesia.

Mobil yang akan menjadi andalan Honda ke depan?

Kita akan melanjutkan Hon da Mobilio karena segmen di mobil jenis ini sangat besar. Tetapi, juga saya melihat ada potensi konsumen Indonesia terhadap mobil SUV. Makanya, saya akan mencoba menghadirkan mobil SUV untuk konsumen Indonesia dalam ajang IIMS 2014, yaitu dengan menghadirkan mobil SUV HR-V. Ini adalah tantangan Honda untuk juga mengembangkan mobil SUV dengan menghadirkan HR-V. Honda HR-V akan kami produksi di Indonesia. Fokus pasar kami yang paling utama ada lah untuk konsumen domestik. Sedang kan, untuk ekspor ke negara lain masih belum ada rencana. Masih akan dipelajari lagi.

Sebenarnya, apa yang menjadi kekuat an Honda sehingga paruh pertama ta hun ini begitu istimewa?

Honda Mobilio dibuat dengan studi yang sangat detail sebelum diproduksi. Se hingga, sebelum peluncuran untuk perta ma kalinya kita sangat percaya diri dan yakin mobil ini dapat diterima baik oleh konsumen Indonesia. Keunggulan yang ditawarkan Mobilio bukan hanya dari desain produk yang menarik, tapi juga interior yang memiliki ruang kabin lega serta didukung mesin-mesin yang andal.

Apakah ada mimpi Honda yang belum tercapai?

Tahun ini, mimpi saya adalah ingin me rebut 20 persen market mobil ber pe numpang di Indonesia. Target ini ingin saya raih pada tahun ini juga (2014). Ini adalah mimpi Honda dalam waktu dekat. Tapi, untuk menjadi yang nomor satu di Indonesia, saya rasa masih sangat sulit untuk direalisasikan. Mungkin suatu saat nanti bisa diwujudkan. Namun, saat ini yang paling realistis, saya hanya ingin Honda menempati posisi kedua sebagai produsen otomotif di Indonesia.

Tahun 2015 Indonesia akan mengha dapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, ba gaimana tanggapan Honda?

Kebijakan Honda tidak akan banyak yang berubah. Karena, kebijakan Honda adalah akan melakukan produksi di negara yang banyak melakukan permintaan terhadap produk Honda. Dan, kita tahu bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi nomor satu, maka ke bijakan kita tidak akan berubah untuk menjadikan Indonesia salah satu produsen mobil Honda. Dan, kita akan tetap berinvestasi di Indonesia.

Apakah akan ada investasi baru untuk Indonesia?

Investasi yang ditanamkan Honda di Indonesia sangat bergantung pa da kondisi dan situasi politik dan ekonominya. Saat ini, Honda sedang memelajari apakah akan menambah investasi di Indonesia. Tapi, yang pasti kita akan tetap berinvestasi di Indonesia. Apakah nantinya akan ada investasi lagi, kita lihat saja nanti. ed: wulan tunjung palupi

***

Terkesan Senyum Orang Indonesia

Sebagai presiden direktur PT Honda Prospect Motor sejak 2011 menggantikan Yukihori Aoshima, Tomoki Uchida datang dengan optimisme tinggi. Pengalaman sebagai presiden Honda Motor Europe Ltd yang berbasis di Inggris membuat Uchida membandingkan calon konsumennya di Indonesia dengan konsumen di Eropa. Sejak menginjakkan kaki di Indonesia, hal yang paling diingat oleh Uchida adalah senyum orang Indonesia.

Ia sangat terkesan dengan senyum orang Indonesia. Di sini, kata dia, setiap orang banyak tersenyum dan tertawa. Padahal, di Inggris, kondisinya justru sebaliknya. Kesan pertama kali saat Uchida mulai bertugas di Indonesia adalah keramahan yang ditunjukkan masyarakat Indonesia. Keramahan itu diwujudkan dengan banyak senyuman yang ada di setiap orang di Indonesia. "Banyak sekali senyuman bertebaran di negara ini," kata dia saat ditanya kesan pertama saat mendengar kata "Indonesia".

Menurutnya, karakter murah senyum dari masyarakat Indonesia kemungkinan besar dipengaruhi oleh kondisi cuaca tropis yang ada di negara kepulauan ini. Dengan iklim tropis, Indonesia menjadi negara yang cerah, namun tidak terlalu panas. Matahari lebih banyak muncul di Indonesia, berbeda dengan di Inggris. Misalnya, kata Uchida, pada Senin di Inggris menjadi hari yang sangat berbahaya. Karena, pada hari itu, banyak tekanan terjadi pada pekerjaan di kantor. Sebab itu, orang Inggris sangat sedikit sekali tersenyum, berbeda dengan orang Indonesia.

Selain menyukai keramahan orang Indonesia, Uchida yang pernah menjadi atlet sepak bola ala Amerika ini meng aku menyukai masakan Indonesia. Menurutnya, banyak masakan Indonesia yang enak dan sesuai dengan seleranya. Yang paling disuka, kata dia, adalah soto. Kalau menyebut soto secara spesifik, Uchida paling doyan makan soto ayam lamongan. Selain soto, ia juga menggemari bakso dan nasi goreng.

Uchida mengungkapkan, kenik matan saat berada di Indonesia ada lah saat-saat menghabiskan waktu liburan dengan bersantai sembari mendengarkan musik dan membaca buku. Hal itu dilakukannya setelah melakukan hobinya main golf atau berolahraga di gym. "Saya suka gym, tapi paling menikmati saat setelah gym dapat bersantai di pinggir kolam renang sambil mende ngar kan musik sebagai kesempatan cooling down dari rutinitas," kata dia.

Kegiatan saat liburan itu kerap dilakukannya sendirian atau bersama dengan keluarga. Menurut Uchida, saat bersantai adalah masa untuk menyegarkan kembali kondisi pikir an setelah disibukkan dengan urusan kerja yang banyak tekanan. ed: wulan tunjung palupi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement