Senin , 16 January 2017, 18:00 WIB

Cekrak-cekrek Asyik dengan Polaroid

Red:

Sekarang ini kamera sudah menjadi bagian penting yang tidak boleh ketinggalan. Apalagi, ketika kita pergi ke lokasi yang menawan dan belum pernah dikunjungi.

Di tengah maraknya persaingan kamera digital yang semakin lama semakin canggih, kamera Polaroid ternyata masih tetap eksis. Meski terkesan berbeda, jenis kamera yang satu ini memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar.

Salah satu merek kenamaan yang memproduksi kamera polaroid, adalah Fujifilm. Merek asal Jepang ini cukup banyak memproduksi berbagai tipe kamera polaroid. Tentu dengan harga yang bervariasi setiap kameranya.

Menurut salah satu pegawai Fujifilm, Iis di kawasan Jakarta Pusat, kamera polaroid masih terbilang murah dan sesuai dengan kantong.

Harganya cukup bervariasi, mulai Rp 800 ribu hingga Rp 2 juta per item, tergantung resolusi kamera tersebut. "Baterai kameranya juga awet dan tahan lama. Kualitas foto tidak akan membuat kecewa," ujarnya kepada Republika, pekan lalu, di Jakarta.

Menurutnya, banyak orang yang memilih untuk membeli kamera polaroid dengan desain unik dan cantik. Untuk kamera-kamera yang berdesain unik ini, harganya sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta.

Untuk lebih memikat hati para konsumen, produsen kamera Polaroid juga tampaknya terobsesi dengan bentuk kamera yang mungil serta lucu. Dari hardcase-nya hingga kertas foto polaroid.

Ada banyak jenis dan harga kertas foto yang dijual di pasaran, mulai Rp 90 ribu hingga Rp 110 ribu. Ukurannya, mirip kartu kredit, yaitu sekitar 3 x 5 x 7 senti meter.

Selain yang berdesain polos, ada pula kertas foto polaroid dengan tema atau motif juga dijual, seperti tema orisinal, pop colour, flower, monochrome atau hitam putih, dan motif abstrak.

Isi kertas foto, biasanya dari tiga lembar hingga 20 lembar. Penentuan harga, biasanya tergantung pada bentuk dan motifnya.

Kamera Polaroid menawarkan jepretan yang bisa langsung tercetak tanpa perlu menunggu waktu lagi.

Tapi, kualitas gambarnya sulit bersaing dengan kamera digital di masa sekarang. Oleh karena itu, tidak disarankan mengarahkan foto polaroid ke cahaya matahari langsung.

Karena hal ini akan membuat hasil foto memudar. Selain itu, simpanlah  film polaroid di tempat sejuk agar tetap awet.     c01, ed: Setyanavidita Livikacansera