Senin 30 May 2016 14:15 WIB

Official Online Store Musik Indonesia

Red:

Teknologi telah mengubah cara masyarakat mendengarkan musik. Karena kehadiran teknologi, media musik konvensional seperti CD, tergerus oleh zaman.

Tapi, kini karena teknologi pula, musik bisa kembali menemukan jalannya di tengah era digital. Saat ini memang sudah sulit sekali menemukan toko yang menjual CD atau merchandise dari grup band favorit.

Para penikmat musik pun lebih memilih streaming untuk menikmati musik atau mengunduhnya dalam versi MP3. Namun, bagi sebagian orang, membeli compact disc original masih tetap menjadi hobi.

Mengoleksi album dari penyanyi atau grup band favorit tetap menjadi kesenangan tersendiri yang tak bisa diganti. Tidak hanya kepingan album yang dikoleksi, tapi juga merchandise original turut pula menjadi incaran para penggemar musik.

Demi memudahkan transaksi pembelian merchandise musik, Musica dan Trinity Studio menjalin kerja sama dengan blibli.com sebagai official online store musik. "Kerja sama ini sudah satu tahun kami konsep sebagai wujud permintaan para penggemar musik," kata Gumilang Ramadhan, selaku Direktur Musica Studio's dalam acara konferensi pers di Jakarta Pusat, Rabu (25/5).

Para penggemar musik kesulitan dalam mendapatkan produk musik. Dengan konsep online shop, tentunya akan memberikan kemudahan bagi para penikmat musik, khususnya di daerah.

Blibli.com menawarkan konsep belanja produk musik secara sederhana bagi pelanggan, namun dengan banyak keuntungan. "Keuntungan terbesarnya, kami memberikan kemudahan transaksi pembayaran," ujar Chief Executive Officer (CEO) blibli.com Kusumo Martanto.

Pelanggan hanya membutuhkan ponsel pintar atau desktop terkoneksi internet untuk berbelanja. Kemudian, pembelian barang dilakukan dengan mengakses blibli.com/musica-trinity. Produk musik dijual hadir dalam bentuk CD dan merchandise, seperti kaos, mug, dan lainnya.

Dengan mendaftar sebagai member blibli.com, pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan sistem transfer ATM atau kartu kredit. Bahkan pelanggan juga bisa melakukan pembelian dengan menggunakan pulsa operator.

Kemudahan tersebut diberikan agar penikmat musik di seluruh Indonesia bisa merasakan kemudahan berbelanja, termasuk di daerah. Pelanggan juga diberikan keuntungan belanja dengan bebas biaya ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Blibli.com juga menjamin barang yang dijual merupakan barang orisinil dan bergaransi. Kusumo menjelaskan, industri musik selalu menjadi ranah paling menguntungkan dalam bidang hiburan.

Penjualan merchandise dan produk musik selalu mengalami peningkatan penjualannya dalam tiap tahunnya. Di era digital, kebiasaan pencinta musik juga berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.

Itu sebabnya official online store musik dibutuhkan bagi masyarakat demi memenuhi kebutuhan. Produk musik dari beberapa artis dan grup band besutan Musica dan Trinity Studio bisa didapatkan langsung dan khusus melalui blibli.com.

Rencananya, kerja sama ini juga akan ditingkatkan dalam hal penjualan tiket konser bagi artis dan grup band asal Musica dan Trinity Studio.   rep: Nora Azizah, ed: Setyanavidita Livikacansera 

***

Hadirkan Banyak Alternatif

Menikmati musik di era teknologi, bisa hadir dalam berbagai cara. Saat ini, di pasar telah hadir beberapa aplikasi musik, seperti Spotify yang menggandeng Indosat untuk mempermudah pembelian paketnya, kini hadir Yonder Music yang menggandeng XL Axiata.

Yonder Music adalah aplikasi yang menyediakan servis musik digital dengan ragam fitur mutakhir dan mengedepankan aspek sosial. Para pengguna Yonder Music akan dimanjakan dengan akses komprehensif kepada jutaan pustaka musik legal untuk diunduh, diputar ataupun dibagikan.

Aplikasi ini menghadirkan demokrasi ke dalam model bisnis musik dengan menggabungkan biaya yang harus ditanggung ke dalam layanan, sehingga mampu menjangkau 99 persen dari pengguna broadband seluler. Berbagai materi dan royalti dibagikan secara adil dan transparan kepada para artis dan komposer sesuai dengan jumlah hasil karya mereka diputar.

"Yonder memberikan royalti yang sama kepada para artisnya. Apakah mereka Rihanna, Cita Citata, atau Raisa," ujar CEO Yonder Music, Adam Kidron.

Pelanggan XL bisa mengakses layanan musik ini secara mudah, cukup berlangganan paket data XL HotRod atau Combo Xtra senilai lebih dari Rp 100 ribu. Dengan begitu, pelanggan sudah akan bisa menikmati Yonder secara gratis.

Sementara itu, bagi pelanggan yang tidak berlangganan data lebih dari Rp 100 ribu, akan dikenakan biaya berlangganan Rp 35 ribu per bulan. Melalui layanan ini, pelanggan bahkan juga bisa mengunduh lagu, memutarnya secara offline  dan membagikannya ke orang lain.

Untuk lebih memberikan pengalaman menyenangkan menggunakan Yonder, XL memberikan masa promo selama sebulan gratis akses Yonder untuk semua pelanggan XL. Masa promo ini berlaku mulai 19 Mei hingga 30 Juni 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement