Selasa 24 May 2016 18:00 WIB

Membangkitkan Rasa Cinta Produk Nasional

Red:

Untuk menjawab kebutuhan gaya hidup masyarakat luas, sebuah pusat perbelanjaan biasanya memberikan akses ke tren fashion sekaligus pengalaman belanja yang tak terlupakan. Banyak cara yang dilakukan untuk menarik minat pengunjung, mulai dari menerapkan diskon besar, pemberian hadiah, hingga lainnya.

Ramayana, salah satu pusat perbelanjaan terkemuka di Indonesia, mengumumkan transformasinya sekaligus meluncurkan kampanye KerenHakSegalaBangsa (KHSB). Kampanye tersebut mengukuhkan posisinya sebagai solusi utama fashion masyarakat Indonesia. 

Head of Merchandising PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk Jane Tumewu mengatakan, transformasi Ramayana dan kampanye KHSB merupakan kemajuan besar bagi industri retail di Indonesia. Soalnya, di situ merek-merek nasional kembali meraih kebangkitannya. Masyarakat Indonesia diberikan akses lebih untuk mengekspresikan diri dan tampil keren lewat merek nasional.

"Transformasi kami telah melahirkan Ramayana yang baru, berbeda, dan kami siap untuk menyambut seluruh pelanggan setia kami di seluruh Indonesia," katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Saat pengunjung menjejakkan kaki di Ramayana, kata Jane, suasana belanja langsung berubah seketika karena konsep Fashion Meets Entertainment yang diterapkannya kali ini. Ramayana memiliki berbagai koleksi terkini untuk masyarakat Indonesia, terutama generasi muda yang gaya berbusananya terinspirasi oleh artis papan atas.

Jane juga menjelaskan, pusat perbelanjaan ini siap memanjakan pelanggan dengan layanan pelanggan yang prima dan memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan supermarket SPAR. Yang tidak kalah penting, kata dia, masyarakat bisa mendapatkan produk fashion berkualitas dengan harga terjangkau, bahkan dengan potongan harga hingga 75 persen.

Ada enam pilar yang menopang transformasi Ramayana, di antaranya, fashion meets entertainment yang diimplementasikan dalam divisi merchandising dan marketing.

Pilar pertama, Ramayana menyediakan berbagai merek fashion yang berkolaborasi dengan artis-artis Indonesia. Pilar kedua, transformasi fashion sebagai sebuah department store yang memenuhi semua kebutuhan masyarakat luas. Koleksi busana Ramayana kini lebih keren dan tren. Diluncurkan pula lookbook sebagai inspirasi berbusana. Sistem efisiensi juga diterapkan sehingga bisa memberikan potongan harga hingga 75 persen untuk merek-merek nasional, seperti Fladeo, Emba, Carvill, Tracker Bags, HomyPed, dan Yongki.

Pilar ketiga, Regenerasi Gerai, mulai dari interior yang modern, display produk lebih informatif, serta nuansa penuh inspirasi. Keempat, eksistensi di sosial media dan kelima, pelanggan adalah teman. Kehadiran fasilitas member card turut membantu Ramayana agar bisa memberikan layanan ekstra kepada pelanggan setianya, seperti Fun Bike dan Gathering Pelanggan Ramayana.

Terakhir, SPAR yang mengartikan menjadi department store pilihan adalah mengerti kebutuhan pelanggan. SPAR Supermarket adalah layanan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat Indonesia.

Saat ini, Ramayana memiliki 117 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Kabar gembira bagi kota besar yang dijangkau oleh penyedia jasa transportasi, gaya hidup, dan logistik, Gojek, karena para pelanggan setia Ramayana dapat berbelanja melalui layanan Gomart, dan transportasi gratis dengan layanan Goride.

Desain lokal

Sejumlah artis ternama nasional meramaikan industri fashion Indonesia yang ikut meramaikan pemasaran produk tersebut ke masyarakat. Mereka memperkenalkan produk-produk dengan gaya dan desainnya sendiri yang mewakili masing-masing karakter artis tersebut.

Contohnya adalah Zaskia Adya Mecca. Dia mengeluarkan produk fashion dengan merek atas namanya, Zaskia Mecca, dengan tema "Gaya Hijab Kini". Dia mengatakan, mereknya juga ingin mencerminkan patriotisme dalam fashion dengan berani menunjukkan kepribadian melalui desain yang diciptakan.

Menurutnya, produk yang dihasilkan untuk fashion terkini tak harus selalu berkiblat pada desain dari negara-negara Barat. Baginya, desain yang unik justru berpotensi semakin menguatkan merek rintisannya tersebut. "Kita sepatutnya harus menggunakan dan bangga dengan produk lokal," kata Zaskia.

Selain itu, Aliando Syarief juga menggagas produk fashion untuk merek AEROSMITH. Lalu, Prilly Latuconsina mengeluarkan produk bermerek PINK. Bahkan, tak ingin kalah dalam persaingan bisnis fashion, Raffi Ahmad memasarkan merek RA Jeans, RA Junior, dan Rahmad.

Raffi Ahmad, founder RA Jeans, juga berharap, produknya, termasuk RA Junior dan Rahmad, bisa turut menyukseskan kampanye KerenHakSegalaBangsa sebagai cara agar masyarakat bangga dengan produk lokalnya. Bagi dia, kampanye ini merupakan momen kebangkitan merek nasional.

Dia setuju bahwa ekspresi diri dan tampil keren memang bukan milik kalangan tertentu saja, melainkan semua orang. "Saya mengajak generasi muda Indonesia untuk terus mendukung brand lokal sebagai salah satu bentuk patriotisme dalam fashion," ucapnya.

Merek-merek tersebut kini hanya tersedia eksklusif di Ramayana. Bahkan, salah satu pencapaian di divisi merchandising Ramayana adalah peluncuran koleksi terbatas kaus Aliando yang sukses terjual 2.000 lusin hanya dalam waktu kurang dari dua pekan. Kaus tersebut hingga kini masih diburu oleh pelanggan.     rep: Santi Sopia, ed: Dewi Mardiani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement