Rabu 01 Oct 2014 12:10 WIB
Dari Arena Asian Games

Sampah yang Menumpuk

Red: operator

INCHEON -- Di balik segala persiapan maksimal yang dilakukan panitia penyelenggara Asian Games ke-17 Incheon, Korea Selatan, ternyata masih banyak kekurangan dalam pelaksanaannya. Cela yang terlihat paling mencolok adalah minimnya ketersediaan tempat sampah pada sejumlah venue pertandingan.

Akibatnya, sampah terlihat menumpuk di sejumlah tempat yang telah disediakan. Hal ini sempat terlihat jelas di Gyeyang Gymnasium. Tempat sampah yang ada bahkan tidak bisa menampung sampah-sampah tersebut sehingga sisa makanan hingga bungkus makanan dan minuman terlihat berserakan dan menumpuk hingga menutupi tempat sampah itu sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Rob Griffith/AP

Peraih medali emas Maria Natalia Londa dari Indonesia , pusat , peraih medali perak Vietnam Thi Thu Thao Bui , benar, dan China Jiang Yanfei , perunggu , berdiri di podium selama perempuan lompat jauh medali upacara di 17 Asian Games di Incheon , Korea Selatan , Senin , 29 September 2014 .

Hal serupa juga terlihat di titik pembuangan lainnya di venue tempat gelaran pertandingan bulu tangkis dan karate tersebut. Berdasarkan pengamatan Republika, hanya ada lima tempat sampah yang disediakan panitia penyelenggara di venue seluas 40 ribu meter persegi itu.

Pun, dengan yang terjadi di Asiad Main Stadium. Di salah satu sudut venue acara pembukaan Asian Games ke-17 itu terlihat sebuah bak truk besar yang berisi sampah. Pemandangan itu begitu kontras dengan kesan modern dan kemegahan yang ditampilkan stadion yang sengaja dibuat untuk Asian Games ke-17 itu.

Sementara buat para perokok, ketidaktersediaan asbak membuat orang membuang puntung rokok sembarangan. ''Maaf, habis tidak ada asbak,'' ujar jurnalis asal Jepang sembari melempar puntung rokoknya ke pinggir salah satu bangunan di venue pertandingan kano di Hanam Misari Canoe/Kayak Center.

Memang sudah ada petugas kebersihan yang disiapkan panitia penyelenggara. Namun, jumlah mereka bisa terbilang terlalu sedikit. Paling tidak hanya ada satu atau dua petugas kebersihan yang terlihat di masing-masing  tersebut.

venue Usia para petugas kebersihan itu kian menambah citra buruk kondisi tersebut. Jika dilihat dari perawakannya, para petugas kebersihan itu rata-rata berumur di atas 40 tahun.

rep:reja irfa widodo ed: fernan rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement