Rabu , 18 January 2017, 18:00 WIB

Piala Presiden 2017 Digelar di Lima Kota

Red:

JAKARTA -- Piala Presiden 2017 bakal kembali dihelat. Turnamen sepak bola tersebut akan dijadikan gelaran pembuka kompetisi resmi Liga Indonesia. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ade Wellington memastikan, gelaran tersebut bakal dimulai antara akhir Januari dan Februari mendatang.

Ade menerangkan, bakal ada 20 tim yang ambil bagian dalam Piala Presiden tahun ini. Sebanyak 18 klub di antaranya yaitu kesebelasan peserta Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. Sedangkan, dua tim lainnya, yakni PSCS Cilacap dan PSS Sleman, merupakan juara dan peringkat kedua ISC B 2016.

Adapun soal tuan rumah, Ade menambahkan, PSSI sudah mengajukan lima lokasi utama, antara lain Bandung di Jawa Barat dan Malang serta Madura di Jawa Timur. Dua tuan rumah lainnya yakni Bali dan beberapa kota di Kalimantan. "Tuan rumah ini, kita (PSSI—Red) fix (sudah memastikan) di lima tempat. Tapi ini belum final," ujar dia saat dihubungi Republika, Selasa (17/1).

Piala Presiden sebetulnya adalah turnamen mendadak yang pernah digelar pemerintah pada tahun lalu. Ketika itu, PSSI masih dalam status pembekuan dan dijatuhi sanksi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Pembekuan tersebut berujung pada matinya kompetisi dan turnamen sepak bola di dalam negeri.

Mahaka Sport and Entertainment selaku pihak swasta yang juga berfokus pada gelaran sepak bola di dalam negeri menawarkan diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi operator kompetisi atau turnamen sementara. Tawaran tersebut diamini pemerintah dengan memutar turnamen dengan 16 kesebelasan di dalam negeri. Piala Presiden 2016 dimenangi oleh Persib Bandung dan peringkat dua Sriwijaya FC.

Namun, Ade menjelaskan, Piala Presiden 2017 tak lagi digelar dengan mengandalkan operator kompetisi dari pihak lain. Kata dia, PSSI akan menjadi operator sendiri dalam gelaran tersebut. Sejauh ini, PT Liga Indonesia adalah satu-satunya operator kompetisi milik federasi nasional.

Menjelang bergulirnya Liga Indonesia dan Piala Presiden 2017, sejumlah tim langsung melakukan persiapan. PSM Makassar, misalnya, telah serius mempersiapkan diri. 

Pemain PSM telah  mengikuti latihan perdana di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Senin (16/1). Media officer PSM Andi Widya Syadzwin menyatakan, pemain yang hadir bukan hanya pemain lokal tetapi juga pemain asal Prancis yang telah tiba di Kota Daeng pada Sabtu (14/1).

"Khusus untuk pemain asing asal Prancis (Steven Paulle—Red) bahkan sudah tiba di Makassar sejak Sabtu malam. Kami memang meminta seluruh pemain bisa hadir untuk menjalani latihan perdana Senin ini," kata Andi di Makassar, Ahad (15/1).

Pemain PSM yang berasal dari luar Makassar atau Sulsel memang cukup banyak, seperti Syaiful M Rahmat (Takalar), Ardan Aras (Mamuju), Titus Bonai (Papua), serta dua Tulehu Maluku yakni Rezkii Pellu dan Ridwan Tawainella.

Latihan perdana dipimpin langsung pelatih kepala PSM Makassar Robert Rene Alberts. Kehadiran pemain juga menjadi penting mengingat Robert Alberts merupakan sosok pemain yang menerapkan disiplin tinggi.

"Untuk latihan perdana, kita putuskan dilaksanakan di Stadion Mattoanging Makassar. Untuk pemain seleksi, akan mengikuti proses itu selama seminggu ke depan," ujar Andi.        rep: Bambang Noroyono, ed: Abdullah Sammy