Kamis 27 Oct 2016 14:00 WIB

Spurs Permalukan Warriors

Red:

OAKLAND -- Tim bertabur bintang Golden State Warriors tak berdaya pada laga pembuka musim NBA setelah dikalahkan San Antonio Spurs, 100-129, di Oracle Arena, Rabu (26/10) WIB. Kekalahan ini terasa mengejutkan, mengingat Warriors pada musim lalu begitu perkasa di babak reguler.

Kendati musim ini kedatangan salah satu megabintang NBA, Kevin Durant, nyatanya hal itu tak terlalu menolong. Sebaliknya, Spurs yang musim ini sudah ditinggal Tim Duncan pensiun mampu tampil perkasa.

Kawhi Leonard tampil sebagai bintang dengan kemasan 35 poin. Itu adalah catatan poin tertinggi bagi pemain yang dikenal pula memiliki kemampuan bertahan ciamik ini.

Tak hanya Leonard, LaMarcus Aldridge juga bermain baik dengan kemasan 26 poin dan 14 rebound. Di sisi lain, kekalahan ini cukup mengecewakan bagi skuat asuhan Steve Kerr. Maklum, musim lalu Warriors mencatat rekor 24 menang tanpa kalah saat melakoni laga kandang pada babak reguler.

Di kubu Warriors, Durant sejatinya tampil baik dengan mengemas 27 poin dan 10 rebound. Namun sayangnya, pertahanan Warriors tampak begitu mudah ditembus lawan. Ini berbeda dengan musim lalu yang mana tim ini punya defense begitu rapat.

Pada laga yang lain, juara bertahan Cleveland Cavaliers memetik kemenangan 117-88 atas New York Knicks. Pada laga tersebut, LeBron James mencetak triple double ke-43 sepanjang kariernya. James mencetak 19 poin, 11 rebound, dan 14 assist.

"Sangat senang mengawali NBA musim ini dengan momen kemenangan seperti itu. Memang kami sulit berfokus pada laga seperti ini. Namun, untungnya tim ini tampil baik, terutama di paruh kedua," kata James, seperti dilansir Guardian, Rabu (26/10).

Laga ini juga terasa spesial bagi publik Cleveland. Sebab, sebelum laga, dilakukan seremoni penyerahan cincin juara atas keberhasilan tim ini meraih gelar NBA. Itu adalah gelar perdana tim ini sejak 52 tahun berdiri.

Karena itu, James merasa sebagian konsentrasinya jadi terpecah pada perayaan. Namun, beruntung, performa gemilang Kyrie Irving ikut membantu Cavaliers memetik kemenangan. Playmaker andalan Cavaliers itu ikut menyumbang 29 poin.

Bagi James, kemenangan kali ini memperpanjang rekor baiknya setiap malam penyerahan cincin juara. Saat masih bersama Miami Heat, dia pun selalu mampu menang di laga pembuka dengan status juara bertahan.

"Banyak emosi yang terjadi hari ini. Melihat cara menang di final musim lalu, maupun malam ini, kami membuka musim dengan hasil baik saat memakai cincin juara, adalah sebuah momen besar," kata James.

Sayangnya, kemenangan ini harus dibayar dengan cederanya pemain andalan Cavaliers, Iman Shumpert. Eks pemain Knicks ini harus ditarik keluar setelah bertabrakan dengan pemain asal Jerman, Kristaps Porzingis.

Akibatnya, Shumpert ditarik keluar pada kuarter ketiga dan tak kembali hingga akhir laga. Shumpert akan menjalani pemeriksaan guna mengetahui seberapa parah cedera yang dia alami.

Walau harus dibayar dengan cedera Shumpert, pelatih Cavaliers Tyronn Lue tetap semringah usai laga. Terlebih sepanjang laga maupun prosesi penyerahan cincin juara, nama Lue selalu dielu-elukan suporter. "Itu adalah perasaan yang amat luar biasa. Saya amat senang bisa menjadi bagian dari perayaan ini," ujar Lue.

Di sisi lain, kekalahan atas Cavaliers agak melunturkan harapan penggemar Knicks yang sudah rindu melihat timnya berprestasi. Kendati musim ini tim asal New York ini mendatangkan sederet bintang macam Derrick Rose dan Joakim Noah, hal itu masih belum mampu membawa hasil optimal.

Di kubu Knicks, Carmelo Anthony tampil sebagai pengumpul poin terbanyak dengan sumbangan 19 angka. Ini diikuti oleh Rose yang malam itu mengemas 17 poin.

Walau kalah, Anthony yakin hasil timnya musim ini akan jauh lebih baik. Eks pemain Denver Nuggets ini hanya merasa timnya butuh adaptasi untuk menyatu. "Kami akan berkembang. Saya bisa menjamin itu. Masih banyak elemen yang belum menyatu. Kami hanya butuh meningkatkan diri," kata Anthony.

Laga ini sekaligus menjadi debut Jeff Hornacek sebagai pelatih Knicks. Sejatinya, eks pelatih Suns ini sempat membawa timnya memainkan laga ketat melawan sang juara bertahan. Skor pada akhir paruh pertama pun hamya 45-43 untuk Cavaliers.

Namun, memasuki kuarter tiga, aksi Irving dengan tembakan tiga angkanya terus memperlebar keunggulan timnya. Ditambah aksi slam dunk James membuat Cavaliers terus menjaga keunggulan hingga menutup laga dengan skor 117-88.     Oleh Abdullah Sammy

Hasil Laga Pembuka NBA, Rabu (26/10) WIB:

Golden State Warriors vs San Antonio Spurs: 100-129

Cleveland Cavaliers vs New York Knicks: 117-88

Portland Trail Blazers vs Utah Jazz: 113-104

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement