Ahad 25 Sep 2016 17:03 WIB

Tim Sepak Bola Sulsel Melaju ke Semifinal

Red: Arifin

Di Grup E, empat tim harus bersaing ketat memperebutkan tiket lolos menuju babak semifinal.

 

BEKASI -- Sulawesi Selatan memastikan diri melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Kalimantan Timur 1-0 dalam laga delapan besar sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, Sabtu (24/9).

Gol tunggal untuk kemenangan Sulsel disumbangkan oleh Asnawi Mangkualam pada menit ke-46 setelah pemain tengahnya berhasil menciptakan kemelut di depan mulut gawang Kaltim.

Tandukan pemain depan Siswanto menciptakan kemelut di gawang Dwi Yudha Pratama setelah upayanya meng halau justru jatuh ke kaki Asnawi yang langsung mengarahkan bola ke gawang Kaltim hingga mengubah kedudukan papan skor 1-0 untuk Sulsel.

Gol tunggal itu berhasil menyumbang poin klasemen di Grup D untuk Kaltim menjadi enam setelah tiga poin sebelumnya direbut dari kemenangan atas Bangka Belitung 2-1.

Kedudukan itu berhasil mengantarkan Sulsel melaju bersama dengan Jawa Barat ke babak semifinal pertan dingan setelah Jabar berhasil mengantongi poin sempurna di Grup E.

"Saya bersyukur Sulsel mampu melewati perjalanan berat. Ini sejarah sejak 2002 kami gagal masuk semifinal PON," kata pelatih Sulsel Syamsuddin Umar dalam konferensi pers.

Menurut dia, kemenangan timnya tidak lepas dari instruksi untuk bermain ekstraketat mengawal pemain Kaltim sejak menit awal pertandingan.

"Sejak awal saya sampaikan pada kapten tim, tidak ada sejengkal pun lapangan yang boleh lewat pengawalan ketat kami bagi lawan," katanya.

Sementara itu, pelatih Kaltim Eddy Simoin mengakui kekalahannya kali ini sangat dipengaruhi kualitas lapangan yang banyak digenangi air hujan sehingga menghambat kontrol bola pemainnya.

Genangan air tersebut sempat membuat wasit Aprisman memutuskan untuk menunda sementara jalannya pertandingan pada menit ke-20 untuk menunggu tim panitia mengeringkan lapangan.

"Kaltim sudah berupaya maksimal. Kami sempat kecolongan pada menit awal hingga pemain grogi. Pada babak kedua banyak peluang emas, tapi gagal dimanfaatkan jadi gol," katanya.

Situasi itu, kata dia, terjadi akibat genangan air yang banyak menghambat laju bola dari kaki para pemainnya. "Jelas, kondisi lapangan sangat memengaruhi konsentrasi pemain kami," katanya.

Empat tim bersaing ketat Empat tim sepak bola yang tergabung dalam Grup E harus bersaing ketat memperebutkan tiket lolos menuju babak semifinal. Empat tim tersebut adalah Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, dan Papua yang saat ini memiliki pe luang sama untuk lolos dari delapan besar.

Hasil itu didapat dari babak penentuan yang digelar di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi, Sabtu (24/9).

Pelatih Sumatra Selatan Rudy William Keltjes mengatakan, timnya hanya butuh hasil seri untuk bisa lolos ke semifinal. Strategi jitu perlu di terapkan pihaknya untuk menghadapi Jawa Tengah yang juga yakin lolos menuju semifinal. Teknik bermain tenang untuk menguasai bola merupakan instruksi Keeltjes agar tampil maksimal saat menghadapi Jateng.

Sementara itu, asisten pelatih Jateng Firmandoyo bertekad ingin memenangkan pertandingan terakhir melawan Sumatra Selatan. "Kami tidak akan mengubah strategi seperti melawan Papua," katanya.

Saat melawan Papua, timnya memetik kemenangan 1-0, meskipun hanya bermain dengan 10 pemain karena satu orang terkena kartu merah. "Selain Papua, kami juga mewaspadai serangan cepat Sumatra Selatan," katanya.  antara, ed: M Akbar

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement