Jumat 29 Jul 2016 13:00 WIB

Maskot dan Logo Asian Games 2018 Diluncurkan

Red:

Republika/Wihdan               

 

 

 

 

 

 

 

 

JAKARTA -- Indonesia telah meluncurkan logo dan maskot baru Asian Games 2018. Logo baru ini dibuat untuk menggantikan logo lama bergambar Cenderawasih yang sempat diluncurkan pada tahun lalu.

Logo baru Asian Games 2018 kali ini menggambarkan sketsa grafis tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, yang dipadukan dengan sketsa delapan pintu stadion. Di bagian tengah disusupi gambar matahari yang merupakan logo Asian Games.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, logo tersebut mencerminkan makna Energy of Asia. Yakni, matahari sebagai sumber energi yang akan menyebar melalui delapan jalur ke seluruh Asia dan dunia melalui pentas Asian Games 2018.

"Logo ini menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke dunia," kata Imam dalam konferensi pers pengumuman logo dan maskot Asian Games 2018 di kantor Kepala Staf Kepresidenan, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/7).

Ia menjelaskan, logo baru ini dipilih melalui sayembara terbatas yang digelar Badan Ekonomi Kreatif. Kata dia, pemerintah mendengar banyak masukan dari masyarakat untuk mengganti logo sebelumnya yang bergambar untaian bulu burung cenderawasih.

Komite Olahraga Indonesia (KOI) dan Inasgoc selaku penanggung jawab pelaksanaan Asian Games 2018 telah menginformasikan logo anyar tersebut kepada OCA. OCA pun disebut telah menyetujui logo ini.

Logo baru ini dibuat oleh Feat Studio, pemenang sayembara logo Asian Games 2018. Pemilik Feat Studio, Jefferson Edri, mengatakan, pihaknya memilih sketsa Stadion GBK karena terinspirasi dengan semangat mantan presiden Sukarno dalam membangun Stadion GBK agar bisa menjadi tuan rumah Asian Games IV 1962.

"GBK, kala itu, menjadi stadion terbesar pertama di Asia dan dunia. Kita pun meraih prestasi membanggakan pada Asian Games tersebut," ujarnya. Saat itu, Indonesia menempati peringkat kedua dengan meraih 21 medali emas.

Wakil Ketua KOI sekaligus Wakil Presiden I Inasgoc Muddai Dadang sangat mengapresiasi logo baru ini. "Logo yang menggambarkan sketsa Stadion GBK ini merupakan simbol kebesaran olahraga Indonesia," katanya.

Selain logo baru juga telah dipilih maskot Asian Games 2018 yang terdiri atas tiga satwa khas Indonesia, yakni badak bercula satu, rusa bawean, dan burung cenderawasih. Ketiga satwa khas yang mewakili tiga wilayah Indonesia itu merefleksikan slogan Bhinneka Tunggal Ika.

Maskot bergambar cenderawasih diberi nama Bhin Bhin, nama burung cenderawasih yang mewakili bagian barat Indonesia dan mencerminkan strategi. Kemudian, maskot bergambar rusa bawean diberi nama Atung yang merupakan representasi dari Indonesia bagian tengah yang juga melambangkan kecepatan.

Sedangkan, yang terakhir adalah maskot bergambar badak bercula satu yang diberi nama Ika. Ika diambil dari nama badak bercula satu dari Indonesia barat yang merupakan simbol kekuatan.   rep: Satria Kartika Yudha, ed: Abdullah Sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement