Kamis 26 May 2016 14:00 WIB

Warriors di Ujung Tanduk

Red:

OKLAHOMA -- Misi Golden State Warriors untuk mempertahankan gelar juara NBA berada di ujung tanduk. Ini setelah Stephen Curry dan kawan-kawan kembali menderita kekalahan dari Oklahoma City Thunder (OKC) dalam gim keempat babak final wilayah Barat yang digelar Rabu (25/5) WIB.

Dalam laga di markas OKC itu, Warriors menyerah dengan skor 94-118. Dengan hasil ini, OKC unggul 3-1 dalam laga yang menggunakan format best of seven. Itu berarti, OKC tinggal butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan tiket ke partai puncak NBA.

Russell Westbrook menciptakan 36 poin, 11 rebound dan 11 assist untuk mengantarkan kemenangan Oklahoma City Thunder. Statistik Westbrook itu adalah triple-double pertamanya selama playoff setelah 18 kali menciptakan statistik itu pada musim reguler. Kevin Durant menyusulnya dengan 26 poin dan 11 rebound.

Usai laga, Westbrook menilai keunggulan timnya adalah berkat kemampuan tim membaca arah pertandingan. Saat pemain Warriors kerap gagal melakukan tembakan tiga angka, OKC pun mengubah pendekatan bermain.

"Kami mampu membaca jalannya pertandingan. Saat tembakan yang dilepaskan mereka kerap gagal, saya mencoba memanfaatkan permainan penetrasi langsung  (fast break) menuju ring," ujar Westbrook, seperti dilansir ESPN, Rabu (25/5).

Westbrook pun mengungkapkan rahasia di balik performa gemilangnya. Menurut point guard eksplosif ini, dia selalu memiliki energi luar biasa saat bermain. "Karena saya selalu berpandangan setiap laga itu bak laga terakhir saya. Tak peduli siapa yang akan menjadi lawannya," ucap Westbrook.

Terkait dengan peluang timnya melaju ke final, Westbrook mengaku tak terlalu terbebani. Sekalipun tinggal berjarak satu kemenangan menuju final, dia mengaku tak terlena. "Tak ada beban. Tim yang ke final mesti memenangkan empat pertandingan dan kami sedang mencari kemenangan yang keempat itu," kata Westbrook.

Pelatih OKC, Billy Donovan tak ketinggalan memuji Westbrook. Menurutnya, semangat bermain Westbrook adalah kunci timnya yang sejauh ini bisa meninggalkan Warriors. "Russel punya gairah bermain yang luar biasa. Dia punya kekuatan dan kemauan yang hebat," ujar Donovan memuji.

Di sisi lain, Golden State, yang mencatat rekor kemenangan 73 pada musim reguler, untuk pertama kali dalam musim ini menelan kekalahan berturut-turut. Kekalahan sebelumnya dipetik Warriors pada gim ketiga dengan skor telak 133-105.

Performa Warriors di gim keempat ini memang antiklimaks. Akurasi tembakan Warriors yang selama ini jadi kekuatan mereka, tampak tak terlalu baik.

MVP dua kali Stephen Curry misalnya, yang kerap gagal melepaskan tembakan tiga angka. Total dari 20 tembakan yang dilepaskan, Curry hanya enam kali sukses menembus ring.

Klay Thompson memimpin perolehan angka Golden State Warriors dengan 26 poin. Sedangkan Curry, hanya mampu menjaringkan 19 poin.

Pada laga ini, OKC memenangi kuarter pertama dengan 30-26. Situasi tak berubah banyak pada kuarter kedua, Warriors masih tak kuasa membendung agresivitas OKC yang unggul dengan 42-27.

Pada kuarter ketiga, Warriors bangkit dengan skor 29-22. Namun pada kuarter keempat Thunder balik membungkam dengan 24-12. Akumulasi empat kuarter itu memastikan skor akhir 118-94 bagi OKC.

Warriors harus memenangkan gim kelima pada Jumat (27/5) WIB lusa di Oakland demi memelihara asanya bertahan di playoff. "Semuanya belum berakhir. Kami harus tetap percaya dengan kemampuan sendiri," ujar Curry mengomentari hasil pada gim keempat.    ed: Abdullah Sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement