Rabu 04 May 2016 12:00 WIB

Rio Kembali Fit Usai Insiden di Rusia

Red:

Foto : Antara/Yudhi Mahatma  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 SEMARANG -- Pembalap nasional yang tergabung dalam tim Manor Racing Rio Haryanto, sempat mengalami sedikit cedera seusai insiden kecelakaan dalam sesi balap Formula Satu (F1) di Sirkuit Sochi Autodrom Rusia, Ahad (1/5). Rio mengeluhkan pusing di bagian kepalanya.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, mengatakan, setelah insiden tersebut Rio Haryanto sempat mengalami nyeri karena kepalanya membentur headrest. Tetapi, lanjut dia, pagi tadi atau Senin waktu setempat sudah agak mendingan.

"Tadi pagi, Selasa (3/5) pukul 02.00 waktu setempat terbang ke Moskow dan paginya langsung terbang ke Barcelona, Spanyol, untuk persiapan tampil pada race kelima F1," kata Indah seperti dilansir Antara, Selasa (3/5).

Menurut dia, Esteban Gutierrez yang menjadi penyebab kecelakaan tersebut sudah meminta maaf kepada Rio Haryanto. "Sayang, ya, padahal Rio Haryanto sudah naik dua atau tiga posisi saat lepas dari start," katanya menegaskan.

Di sisi lain, Rio mengaku memetik pelajaran dari insiden yang terjadi di Rusia. Sebab baginya, balapan di Rusia adalah salah satu start terbaiknya.

"Hari ini saya tidak beruntung dan itu sangat mengecewakan, terutama setelah saya membuat start yang baik, mungkin yang terbaik di sejauh musim ini," kata Rio Haryanto seperti yang disampaikan media relations, Cep Goldia, dalam surat elektronik yang diterima di Semarang, Senin.

Rio mengaku, insiden kecelakaan di Sochi itu sulit dihindarinya. Sebab saat itu banyak pembalap yang berada di tikungan tersebut.

"Saya berhasil naik beberapa posisi, namun ketika saya mencapai tikungan kedua ada banyak mobil berebut tempat, dan mobil Hulkenberg dari tim Force India berputar sedangkan saya tidak punya ruang lagi. Ada kontak pada sisi mobil dan beberapa kerusakan, yang berarti saya harus menghentikan mobil," kata pembalap asal Solo, Jateng, tersebut.

Walau kecewa karena gagal di awal balapan, Rio siap untuk memperbaiki performanya di seri berikutnya. "Setelah beberapa hari ke belakang yang baik, mengecewakan untuk mengakhiri akhir pekan dengan cara seperti ini, tapi melihat sisi positifnya saya merasa kami telah lebih kompetitif dan saya melihat ke depan, untuk melanjutkan kemajuan itu di balapan berikutnya di Barcelona," katanya.

Pada race keempat di Sirkuit Sochi Autodrom Rusia, Ahad (1/5), Rio Haryanto gagal menyentuh garis finis karena ada insiden tersebut. Sedangkan rekan satu timnya, pembalap asal Jerman Pascal Wehrlein menempati posisi ke-18 dengan catatan waktu 1:41.907.

Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan mengatakan, Rio Haryanto sangat tidak beruntung pada balapan ini. Race kelima lomba balap mobil F1 akan dilanjutkan ke Sirkuit Catalunya Barcelona, Spanyol, 13-15 Mei 2016. Sirkuit Catalunya memiliki panjang lintasan 4,655 kilometer. ed: Abdullah Sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement