Rabu 10 Feb 2016 17:00 WIB

Pertaruhan Neville

Red:

Reuters/Heino Kalis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VALENCIA — Pelatih Valencia, Gary Neville, akan dihadapkan pada ujian berat kala menjamu Barcelona pada semifinal leg kedua Copa Del Rey, Kamis (11/2) dini hari WIB. Ujian berat yang dimaksud bukannya misi untuk lolos ke final. Sebab, untuk lolos ke final peluang Valencia boleh dikatakan nyaris mustahil.

Ujian berat itu adalah menghindari El Che dari kekalahan untuk kedua kalinya. Sebab, pada leg pertama, Valencia dibantai habis Blaugrana dengan kor 0-7. Jika kembali kalah maka Neville terancam mendapat surat pemecatan lebih awal.

Neville pun sadar posisinya kini amat terjepit. "Saya merasa surat kematian saya sebagai pelatih telah ditulis," kata Neville, seperti dilansir BBC, pekan ini.

Ungkapan khiasan Neville soal kematian itu merujuk hasil terakhir Valencia pada pentas La Liga. Sofiane Feghouli dan kawan-kawan dipaksa menyerah 0-1 atas Real Betis, pekan lalu.

Hasil ini membuat posisi Valencia hanya berjarak empat poin dari zona degradasi. Kini, tak ada pilihan lagi bagi Neville selain memetik hasil baik pada laga leg kedua.

Kemenangan atas Barcelona memang tak akan menjamin tiket ke final. Namun, jika mampu menang atas tim sekelas Barca setidaknya akan menghadirkan suntikan kepercayaan diri yang besar.

Di sisi lain, Barcelona kemungkinan tak bisa diperkuat bintang utamanya Lionel Messi dalam leg kedua ini. Peyebabnya penyerang andalan the Blaugrana itu sedang menjalani pemulihan seusai menjalani operasi ginjal pada Selasa (10/2).

Operasi yang bakal dijalani Messi memang hanya berskala ringan. Namun, jalan penyembuhan harus segera dilakukan. "Klub memberikan dia (Messi) cuti dua hari untuk operasi kecil ini," demikian laporan tersebut seperti dilansir portal sepak bola Football Espana, Selasa (9/2).

Masih menurut harian tersebut, sebetulnya masalah ginjal pemain asal Argentina itu sudah dirasakan sejak jauh hari. Kondisi serupa pernah Messi alami ketika melawan klub asal Cina, Guangzhou Evergrande, saat kedua klub itu bertemu pada semifinal Piala Dunia Klub 2015 lalu.

Pelatih Luis Enrique pun tak mau ambil risiko dengan tidak memaksakan bintang utamanya itu turun lapangan ketika itu. Keputusan serupa pun dilakukan untuk tandang melawan Valencia di Mestalla Stadion.

Namun, dikatakan Enrique, absennya Messi di Copa Del Rey kali ini tak memengaruhi kekuatan tim asal Katalan tersebut. Dalam kesempatan terpisah, Enrique mengaku tak mau terlalu jemawa sekalipun sudah unggul 7-0 pada leg pertama.

Dia mengaku, selain Messi yang absen, Barca akan turun dengan kekuatan penuh. ''Kami akan berangkat ke Valencia dengan serius. Kami tetap akan turun dengan kekuatan terbaik,'' kata Enrique, dikutip dari situs resmi Barcelona.

Menurut eks pelatih AS Roma itu, laga melawan Valencia sangat penting demi menjaga momentum kemenangan Barca. Sejauh ini, Barca mencatat rekor 10 kemenangan beruntun.

Praktis hanya Munir El Haddadi yang diprediksi akan menjadi pemain pelapis yang akan diturunkan pada laga leg kedua kontra Valencia. Situasi ini tidak seperti laga perempat final melawan Athletic Bilbao saat Barca masih turun dengan sebagian pemain pelapis.

Bagi Enrique hasil kemenangan melawan Valencia sangat penting. Sebab dengan itu, Barca tinggal butuh satu laga lagi pada final guna mempertahankan titel Copa del Rey. "Tujuan kami untuk mempertahankan gelar,'' ujar Enrique.

Pada laga leg pertama, Kamis (4/2), Barcelona tampil meyakinkan dengan menghajar tim asuhan Gary Nevile itu sebanyak tujuh gol tanpa balas. Tiga dari tujuh gol Barca di Camp Nou dicatatkan Messi. rep: Bambang Noroyono  ed: Abdullah Sammy

Prediksi susunan pemain:

Valencia (4-2-3-1): Ryan; Gaya, Abdennour, Vezo , Barragan; Parejo, Rodrigo; Cherysev, Gomes, Feghouli; NegredoPelatih: Gary Neville

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Mathieu, Vermaelen, Bartra, Vidal; Iniesta, Busquets, Roberto; Turan, Suarez, El HaddadiPelatih: Luis Enrique

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement