Kamis 28 May 2015 16:00 WIB

The Gunners Memburu Rekor

Red:

LONDON -- Arsenal hendak memburu rekor baru dalam ajang sepak bola tertua di dunia, Piala FA. Ambisi skuat Gudang Peluru boleh jadi terealisasi saat berduel pada partai final Piala FA melawan Aston Villa, di Stadion Wembley, London, Sabtu (30/5).

Andai Arsenal berhasil kembali menjadi juara, skuat asuhan Arsene Wenger itu bakal mencatatkan rekor sebagai klub yang paling banyak menjuarai salah satu kompetisi bergengsi di Inggris tersebut. Namun, rencana menambah pundi gelar untuk the Gunners, julukan Arsenal, bukan mustahil musnah direbut anak-anak the Villans.

Bagi Arsenal yang gagal merealisasikan asa untuk finis kedua di Liga Primer Inggris, trofi Piala FA menjadi bidikan mutlak. Sebab, gelar Piala FA nantinya tak hanya bakal menjadi penawar duka, tapi juga sekaligus menjaga gengsi demi mempertahankan gelar yang musim lalu diraih tim Meriam London.

''Yang jelas, saya ingin tim saya menang,'' ujar pelatih Arsenal, Arsene Wenger, dilansir laman resmi klub, Rabu (27/5).

Selain membidik kemenangan, Wenger memang masih mempertimbangkan formasi untuk starter bagi timnya. Seperti dilaporkan sejumlah media Inggris, setidaknya Danny Welbeck diragukan untuk diturunkan oleh sang profesor. Sedangkan, sang kapten tim, Mikel Arteta, yang tidak bermain sejak Novermber tahun lalu akibat cedera, diperkirakan fit sehingga dapat membendung perlawanan the Villans.

Selain itu, Wenger juga menyebut kemungkinan bek kanan Mathieu Debuchy akan dimainkan. Adapun Theo Walcott dan Jack Wilshere yang baru saja mengalami cedera juga turut menjadi beban pikiran pelatih asal Prancis itu.

Sementara terkait winger Alexis Sanchez, Wenger hanya khawatir kondisi pemain kesayangannya itu akibat padatnya jadwal pertandingan. Sanchez akan tampil di final Piala FA sebelum bermain dalam ajang Copa America pada 11 Juni mendatang membela tim nasinal Cile. "

Saya merasa kompetisi ini (Copa America) sedikit berlebihan. Saya akan menontonnya, tapi dengan perasaan khawatir karena Sanchez sudah memainkan 50 pertandingan bersama kami dan bakal pergi ke sana," kata Wenger melalui Sky Sports.

Sanchez yang tampil gemilang pada musim debutnya bersama the Gunners sejatinya berpeluang menambah pundi-pundi golnya saat tim bersua Villa. Mantan pemain Barcelona itu telah mencetak 24 gol dari 52 pertandingan pada musim ini. Tak ayal sang profesor pun mengaku sangat mengkhawatirkan pemain berusia 26 tahun tersebut. Wenger tak hanya mengeluhkan start cepat Liga Primer, tapi juga jadwal penyelenggaraan Copa America.

Di kubu Villa, tim yang berjuang ekstrakeras untuk menembus partai puncak Piala FA juga berjanji memberikan perlawanan serius di Wembley. Sebenarnya, the Villans yang selamat dari degradasi menjadi tim yang menakutkan dalam beberapa pekan terakhir, meski dalam laga penutup dicundangi tim terdegradasi, Burnley, 0-1.

The Villans dikabarkan bakal memainkan kiper cadangan Brad Guzan jika kiper utama Shay Given belum pulih dari cedera pangkal paha. ''Jika Shay tidak dapat bermain, kami akan mendapatkan masalah,'' kata pelatih Villa, Tim Sherwood, dilansir Soccerway. n c19 ed: endro yuwanto

Fakta Angka Jelang Laga:

19 -- Ini adalah final ke-19 bagi Arsenal dengan 11 gelar. Sementara, Aston Villa yang telah mendapat tujuh gelar kali terakhir ke final tahun 2000 dan kalah 0-1 dari Chelsea.

18 -- Sejak digelar pada akhir abad ke-18, ajang Piala FA selalu meghadirkan drama dalam setiap penyelengaraannya. Daya magis Piala FA selalu ditunggu pengemar Liga Inggris di seluruh dunia. Pasalnya, tim raksasa kerap dicundangi tim antah-berantah. Final dua tahun lalu adalah buktinya, kala Manchester City yang diunggulkan dicundangi tim degradasi Wigan Athletic 0-1 pada menit akhir.

134 -- Di final tahun ini yang memasuki tahun ke-134, banyak pengamat memprediksi juara bertahan Arsenal bakal mempertahankan mahkotanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement