Selasa 27 Jan 2015 16:00 WIB

Wenger Percaya Diri Pertahankan Trofi

Red:

LONDON — Tidak salah ketika pelatih Arsenal Arsene Wenger sesumbar bahwa timnya merupakan salah satu kandidat terkuat untuk meraih gelar juara Piala FA musim ini. Alasannya, tiga tim kuat Liga Primer Inggris musim ini, Chelsea, Manchester City, dan Southampton gugur oleh tim yang memiliki kualitas lebih di bawah.

Kemenangan melawan Brighton & Hove Albion pada Ahad (25/1) di Stadion The American Express Community membuat Wenger semakin yakin untuk meraih gelar juara Piala FA. Mungkin hanya Manchester United yang akan menjadi lawan terberat jika berhasil mengalahkan Cambridge pada leg kedua.

"Kami adalah salah satu favorit sekarang, tapi kami tetap harus waspada karena ajang ini sulit diprediksi. Banyak tim besar di luar dugaan harus gugur. Setidaknya, kami masih mampu bertahan," kata Wenger dilansir dari laman Daily Mail, Senin (26/1).

Bukan hanya kemenangan melawan Brighton yang menjadi perhatian Wenger, melainkan juga bagaimana Arsenal bermain untuk mengalahkan lawannya. The Gunners, disebut Wenger, terus mencoba untuk mencetak gol. Kerja keras tim terbayar melalui dua gol sebelum pertengahan babak pertama, yang dicetak oleh Theo Walcott pada menit kedua dan Mesut Oezil menit ke-24.

Ketika memasuki babak kedua, Wenger menganalisis ada pengenduran dalam serangan dan konsentrasi tim dalam bertahan. Meski Thomas Rosicky mampu menambah gol Arsenal pada menit ke-59, para pemain Brighton berhasil membobol gawang Wojciech Szczesny melalui Chris O'Grady dan Sam Baldock.

Menurut Wenger, Brighton yang hampir mengejar ketertinggalan merupakan bukti bahwa ajang Piala FA sulit diprediksi. Tak ada jaminan tim besar akan lolos saat menghadapi tim lebih lemah. Pelatih asal Prancis ini melanjutkan, meski bermain baik melawan Brighton, ia tidak menampik ada faktor keberuntungan menghinggapi pasukannya. "Coba lihat, kami mengontrol pertandingan dari 3-1 dan akhirnya berubah menjadi 3-2. Mereka memiliki kepercayaan diri yang luar biasa. Ajang ini sudah bermain dalam ranah psikis," kata Wenger melalui Squawka.

Wenger melanjutkan, tim harus memanfaatkan momentum baik untuk melanjutkan target mempertahankan trofi juara Piala FA pada musim ini. Sejumlah tim kuat telah gugur dan Arsenal memiliki keuntungan dari segi kualitas pemain dibanding tim lainnya. Di samping itu, Wenger tetap mengingatkan agar para pemainnya waspada dengan segala kemungkinan yang dapat terjadi di Piala FA.

Winger Arsenal Theo Walcott yang kembali mencetak gol yakin timnya mampu mengalahkan tim manapun. Menurut pemain internasional Inggris ini, prestasi tim bergantung pada seberapa besar kepercayaan pemain untuk meraih kemenangan. Ia melanjutkan, percaya akan kemampuan meraih prestasi merupakan kunci sukses tim. "Bagaimana jika tim tidak memiliki kepercayaan untuk menang? Saya berharap kami memiliki kepercayaan bisa mengalahkan siapa pun," kata Walcott melalui laman resmi klub.

Tidak hanya dari kalangan Arsenal yang percaya klub akan meraih kesuksesan di Piala FA. Pelatih Brighton, Chris Hughton mendukung Arsenal sebagai peraih trofi Piala FA. Menurut dia, Arsenal memiliki kriteria untuk meraih gelar tersebut, baik dari segi pelatih, pemain, maupun pengalaman.

rep: Wahyu Syahputra ed: Endro Yuwanto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement