Jumat 24 Oct 2014 13:30 WIB

Amankan Tiket Semifinal

Red:

JAYAPURA -- Semen Padang akan menjalani laga krusial kala bertandang ke markas Persipura Jayapura dalam lanjutan babak delapan besar Liga Super Indonesia Grup 1, Sabtu (25/10) siang WIB. Pada laga yang akan berlangsung di Stadion mandala itu, tim Kabau Sirah bertekad mencuri kemenangan demi mengunci tiket semifinal yang akan berlangsung pada awal November bulan depan.

Semen Padang memperoleh modal berharga setelah pada pertandingan terakhir mampu mengalahkan tuan rumah Persela Lamongan dengan skor tipis 2-1. Dengan hasil ini, kondisi moral para pemain tengah diselimuti rasa percaya diri karena mereka menjadi pemuncak klasemen sementara dengan poin sembilan.

Walau dilanda kelelahan, tim Kabau Sirah langsung bertolak ke Jayapura lebih awal untuk mematangkan persiapan menghadapi tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut. Pelatih Semen Padang Jafri Sastra mengatakan, timnya yang berangkat dari Surabaya saat ini sudah tiba di Jayapura.

"Kami sengaja langsung bertolak ke Jayapura agar bisa melakukan masa pemulihan setelah menghadapi laga berat di Lamongan," ujar Jafri saat dihubungi Republika, Kamis (23/10).

Jafri menambahkan, untuk memulihkan kondisi para pemainnya, ia bersama tim manajemen Semen Padang menjalani dua program yang dipercaya akan mampu mengembalikan kebugaran.  Dua program tersebut adalah dengan melakukan mandi uap (sauna) dan melakukan sesi latihan di pantai sambil berekreasi.

"Kami baru akan menjalani sesi latihan serius pada Jumat (24/10). Latihan nanti sekaligus mematangkan strategi untuk menghadapi Persipura keesokan harinya," kata Jafri menambahkan.

Ketika disinggung kesiapan para pemainnya menjelang menghadapi Persipura, Jafri menegaskan, seluruh pemainnya saat ini siap untuk diturunkan kapan saja. Namun, kiper utama mereka, Jandia Eka Putra, yang sedikit mengalami masalah pada pinggulnya pada laga terakhir sehingga masih harus dipantau perkembangannya.

Meskipun Jafri mengaku pihak manajemen sudah mendatangkan kiper cadangan, tidak menutup kemungkinan Jandia akan turun pada laga nanti andaikan penjaga gawang berusia 27 tahun itu sudah berada dalam kondisi fit.

Sementara itu, dari pihak tuan rumah, Persipura saat ini tengah dilanda prahara menyusul adanya kabar pengunduran diri Jacksen F Tiago sebagi pelatih. Menanggapi hal ini, Ketua Umum tim Mutiara Hitam, Benhur Tommy Mano, mengatakan, pihaknya bakal segera menggelar rapat pengurus dan manajemen terkait laporan tersebut.

"Dalam satu-dua hari ke depan, kami akan rapat untuk mencari tahu akar permasalahan yang terjadi mengenai pelatih Jacksen, termasuk kekalahan pada dua laga tandang sebelumnya," ujar Benhur seperti dilansir Goal.

Berbagai isu muncul terkait penyebab berpisahnya Jacksen dengan klub yang sudah ditukanginya sejak 2008 itu. Di antaranya, soal Jacksen yang akan melatih SSB ASAD 313 asal Purwakarta untuk mengikuti Danone Nations Cup 2014 di Brasil, akhir tahun nanti.

Selain itu, kabarnya, mantan pelatih timnas Indonesia itu juga sudah menandatangani pra-kontrak dengan salah satu klub Malaysia. Meski belakangan berita itu sudah dibantah sendiri oleh Jacksen.

"Asalkan musim kompetisi Persipura telah usai, Jacksen bisa saja melatih di Danone. Kami tidak mempermasalahkan hal itu, sekarang yang terutama adalah Persipura," kata pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Jayapura itu menambahkan.

Dari tiga pertemuan terakhir kedua tim, Semen Padang mengungguli Persipura dengan mengemas satu kali kemenangan dengan dua laga sisanya berakhir imbang. Saat ini, Kabau Sirah menjadi pemuncak klasemen sementara dengan poin sembilan, sedangkan Persipura berada dua tingkat di belakangnya dengan poin enam.

Andaikan Semen Padang mampu memenangi laga nanti, bisa dipastikan wakil dari Sumatra Barat itu akan menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal. Namun, jika ternyata Persipura yang mampu memenanginya, perebutan tiket semifinal masih akan ditentukan pada laga terakhir empat hari berselang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement