Selasa 16 Sep 2014 14:30 WIB

AS Pertahankan Gelar FIBA

Red:

MADRID -- Tim bola basket Amerika Serikat (AS) berhasil keluar sebagai kampiun FIBA World Cup 2014. Pada partai final, Senin (15/9), AS mampu menang telak atas lawannya, Serbia, dengan skor 129-92. Dengan hasil ini, anak asuhan Mike Krzyzewski sukses mempertahankan gelar juara yang telah mereka raih empat tahun silam di Turki.

Pada pertandingan ini, Serbia sebenarnya mampu menekan AS hingga pertengahan kuarter pertama. Satu lay up dan free throw dari Miroslav Raduljica berhasil menjauhkan perolehan Serbia menjadi 13-7. Namun, Kyrie Irving dan kawan-kawan langsung memanas dan mampu menyusul hingga poin 15-15. Mulai dari sini, Amerika terus mendulang poin dan meninggalkan perolehan Serbia. Kuarter pertama ditutup AS dengan keunggulan 35-21.

Memasuki kuarter kedua, AS terlihat tak ingin kecolongan lagi. Mereka terus melancarkan serangan dan langsung menjauh melalui tembakan tiga poin Klay Thompson. Laga seakan sudah milik AS pada kuarter kedua saat mereka mampu menutup paruh pertama 67-41. Pada kuarter ketiga dan keempat pun Serbia tak mampu berbicara banyak. Justru, AS masih mendominasi penuh hingga laga usai.

Salah seorang pemain AS, Kenneth Faried, mengaku tak percaya AS mampu keluar sebagai juara. Hal itu disebabkan timnya banyak menurunkan para pemain muda. "Rasanya kami seperti ditampar ketika ada yang mengatakan AS mengirimkan tim B ke Piala Dunia karena tidak diperkuat LeBron (James), Kobe (Bryant), dan (Kevin) Durant. Tapi, akhirnya kami mampu membuktikan tekad kami," ungkap Faried dilansir laman resmi FIBA, Senin (15/9).

Gelar tersebut adalah gelar kelima untuk tim AS sejak penyelenggaraan pertama kali tahun 1950 silam. Pada turnamen empat tahun lalu, AS mengalahkan tuan rumah Turki pada partai puncak. ed: fernan rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement