Jumat 25 Jul 2014 14:00 WIB

Batal ke Spanyol, Timnas ke Brunei

Red:

JAKARTA -- Tim nasional U-19 batal mengikuti turnamen internasional COTIF di Valencia, Spanyol. PSSI lebih memilih mengirimkan skuat Garuda Jaya ke Brunei Darussalam dalam ajang Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014 pada 9-23 Agustus.

Sekretaris Jenderal PSSI Djoko Driyono menjelaskan, turnamen HBT lebih bermanfaat dari sisi nonteknis dan teknis ketimbang turnamen COTIF yang berlangsung pada 10-20 Agustus. Perubahan program diputuskan setelah adanya rapat komite eksekutif PSSI di Jakarta, Rabu (24/7) malam.

Dari sisi teknis, kata Joko, turnamen HBT hanya akan mempertandingkan tim nasional di Asia Tenggara, tidak ada klub yang ikut serta seperti di turnamen COTIF. Dengan demikian, hal itu diyakini lebih bermanfaat mengukur kekuatan tim menjelang tampil di Piala Asia U-19 Oktober mendatang. Apalagi, turnamen ini juga diikuti Myanmar, Vietnam, dan Thailand yang merupakan peserta Piala Asia U-19. Meskipun ini merupakan turnamen kelompok umur U-21, ketiga tim tersebut diyakini bakal mengutus para pemain U-19.

Selain itu, durasi laga di turnamen HBT berlangsung selama 2x45 menit. Sementara, COTIF hanya 2x35 menit. "Sedangkan dari sisi nonteknis, kami terpacu karena negara melalui Kedutaan Besar RI di Brunei secara resmi meminta kepada PSSI agar mengirimkan tim," kata Joko menambahkan.

PSSI tetap akan mengirimkan tim ke turnamen COTIF. PSSI mengutus timnas U-21 yang segera disiapkan di bawah pelatih Ruddy Keltjes. Untuk sementara, pemainnya didominasi juara LSI U-21, Sriwijaya FC.

Di turnamen HBT, timnas U-19 tergabung di Grup B bersama tuan rumah Brunei, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Sementara Grup A dihuni Laos, Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan Thailand.

Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri belum mengetahui secara detail alasan PSSI membatalkan keikusertaan anak-anak asuhnya di turnamen COTIF dan memilih turnamen HBT."Rencana memang sudah dikoordinasikan. Tapi, saya belum tahu pertimbangannya seperti apa karena belum bertemu lagi dengan PSSI dan Badan Tim Nasional," kata Indra.

Ia mengatakan, kalau kualitas lawan di HBT lebih bagus, memang lebih baik menuju ke Brunei. Indra juga mengaku mendengar informasi bahwa para peserta yang mengikuti turnamen COTIF banyak yang mengirimkan tim pelapis.

"Contohnya Argentina U-20. Bukan tim utama seperti yang saya harapkan," ujarnya. Di turnamen HBT, timnas U-19 tergabung di Grup B bersama tuan rumah Brunei, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Sementara Grup A dihuni Laos, Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan Thailand.

Striker timnas U-19, Muchlis Hadi, belum bisa memberikan banyak komentar. Ia sama sekali tidak tahu bahwa ada pembatalan tur Spanyol. "Saya belum tahu apa-apa," kata Muchlis melalui pesan singkat kepada Republika.

Timnas U-19 tengah memasuki fase uji coba sebelum terjun ke Piala Asia U-19 yang akan berlangsung di Myanmar pada 9-23 Oktober. Timnas tergabung di Grup B bersama Australia, Uzbekistan, dan Uni Emirat Arab. rep:satria kartika yudha ed: israr itah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement