Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Jamaah Tabligh dan Perjalanan Selama 4 Bulan

Jumat, 06 Mei 2011, 11:42 WIB
Komentar : 1
Antara
Jamaah Tabligh/Ilustrasi
Jamaah Tabligh/Ilustrasi

Pertanyaan :


Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Adik saya baru-baru ini bergabung dengan jamaah tabligh.Dia akan melakukan perjalanan selama empat bulan ke Bangladesh,Pakistan dan India.Bagaimana pendapat ustadz dengan jamaah tabligh tersebut?

Terimakasih.

Abda

Jawaban :

Wa'alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh
Semoga Allah merahmati kita semua

1.Jamaah tabligh adalah organisasi yang fokus berdakwah dengan metode yang cukup menarik mendatangi masyarakat untuk mendatangi masjid dan lain sebagainya. Secara umum tidak ada masalah. Tetapi ada beberapa catatan misalnya komitmen pada hadits shahih perlu mendapat penekanan, metode khuruj dengan hitung-hitungan tertentu juga masih perlu didiskusikan.

2.Jika seseorang mau khuruj empat bulan dengan meninggalkan keluarganya maka yang harus diperhatikan adalah apakah sudah menyediakan nafkah untuk keluarganya selama mereka ditinggalkan. Khuruj begitu saja tanpa memperhatikan nafkah merupakan tindakan yang kurang bijak. Bertawakkal kepada Allah bukan berarti mengesampingkan usaha yang benar.

 

 

Rubrik konsultasi ini diasuh oleh Ustadz Muchsinin Fauzi, LC. Kirimkan pertanyaan Anda ke: ustadz@rol.republika.co.id

 

Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan mengubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum, hingga kaum itu merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri, (( QS.An Anfaal 8 : 53 ))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  Aang Sofyan Senin, 7 Mei 2012, 10:27
antum jangan fitnah, jt itu bukan organisasi, kalau mau jawab pertanyaan tabayun dulu donk,,,!
  dizu Selasa, 24 April 2012, 20:35
utk mengetahui sesuatu tidak bisa dilihat dari luarnya saja, kita harus melihat ke dalamnya, semua orang sependapat ko, baru bisa menyimpulkan
  zarkasyi Selasa, 14 Februari 2012, 10:54
Didunia ini tidak ada satupun dakwah yg sempurna seperti dakwahnya rasulullahsaw dan para sahabat , pasti ada kekurangannya. kontribusi JT di dunia sdh tdk diraguakn lagi, sdh banyak yg dpt hidayah asbab jamaah ini.asbab dakwah ijtimaiyah. sdh berapa banyak yang dapat hidayah asbab antum ustad?
  cecep sh Rabu, 8 Februari 2012, 22:18
khuruj fisabilillah itu ada di dalm alquran kurang lebih ada 60 ayat yang menerangkan da,wah
  rijal Selasa, 24 Januari 2012, 22:51
fitnah itu...keluar berdakwah tanpa menyantuni keluarga, kalau pun ada itu personil nya...masuk dulu baru paham, jgn liat kulitnya...ketimbang dipanggil orang tuk ceramah lalu siap dikasih amplop....gak pernah nabi saw buat begitu....

  VIDEO TERBARU
Tokoh Perubahan 2013, Inspirasi Indonesia
JAKARTA -- Republika menganugerahkan gelar Tokoh Perubahan 2013 kepada beberapa tokoh yang memberi inspirasi pada Indonesia. Untuk tahun ini tokoh yang mendapat gelar...