Selasa, 7 Zulqaidah 1435 / 02 September 2014
find us on : 
  Login |  Register
Jumat, 06 Mei 2011, 11:42 WIB

Jamaah Tabligh dan Perjalanan Selama 4 Bulan

Antara
Jamaah Tabligh/Ilustrasi

Pertanyaan :


Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Adik saya baru-baru ini bergabung dengan jamaah tabligh.Dia akan melakukan perjalanan selama empat bulan ke Bangladesh,Pakistan dan India.Bagaimana pendapat ustadz dengan jamaah tabligh tersebut?

Terimakasih.

Abda

Jawaban :

Wa'alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh
Semoga Allah merahmati kita semua

1.Jamaah tabligh adalah organisasi yang fokus berdakwah dengan metode yang cukup menarik mendatangi masyarakat untuk mendatangi masjid dan lain sebagainya. Secara umum tidak ada masalah. Tetapi ada beberapa catatan misalnya komitmen pada hadits shahih perlu mendapat penekanan, metode khuruj dengan hitung-hitungan tertentu juga masih perlu didiskusikan.

2.Jika seseorang mau khuruj empat bulan dengan meninggalkan keluarganya maka yang harus diperhatikan adalah apakah sudah menyediakan nafkah untuk keluarganya selama mereka ditinggalkan. Khuruj begitu saja tanpa memperhatikan nafkah merupakan tindakan yang kurang bijak. Bertawakkal kepada Allah bukan berarti mengesampingkan usaha yang benar.

 

 

Rubrik konsultasi ini diasuh oleh Ustadz Muchsinin Fauzi, LC. Kirimkan pertanyaan Anda ke: ustadz@rol.republika.co.id

 

Redaktur : Mohamad Afif
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api(HR. Tirmidzi)