Selasa, 13 Ramadhan 1436 / 30 Juni 2015
find us on : 
  Login |  Register

Jamaah Tabligh dan Perjalanan Selama 4 Bulan

Jumat, 06 Mei 2011, 11:42 WIB
Komentar : 1
Antara
Jamaah Tabligh/Ilustrasi
Jamaah Tabligh/Ilustrasi

Pertanyaan :


Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Adik saya baru-baru ini bergabung dengan jamaah tabligh.Dia akan melakukan perjalanan selama empat bulan ke Bangladesh,Pakistan dan India.Bagaimana pendapat ustadz dengan jamaah tabligh tersebut?

Terimakasih.

Abda

Jawaban :

Wa'alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh
Semoga Allah merahmati kita semua

1.Jamaah tabligh adalah organisasi yang fokus berdakwah dengan metode yang cukup menarik mendatangi masyarakat untuk mendatangi masjid dan lain sebagainya. Secara umum tidak ada masalah. Tetapi ada beberapa catatan misalnya komitmen pada hadits shahih perlu mendapat penekanan, metode khuruj dengan hitung-hitungan tertentu juga masih perlu didiskusikan.

2.Jika seseorang mau khuruj empat bulan dengan meninggalkan keluarganya maka yang harus diperhatikan adalah apakah sudah menyediakan nafkah untuk keluarganya selama mereka ditinggalkan. Khuruj begitu saja tanpa memperhatikan nafkah merupakan tindakan yang kurang bijak. Bertawakkal kepada Allah bukan berarti mengesampingkan usaha yang benar.

 

 

Rubrik konsultasi ini diasuh oleh Ustadz Muchsinin Fauzi, LC. Kirimkan pertanyaan Anda ke: ustadz@rol.republika.co.id

 

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.(QS:Al Baqarah 197)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Anak Indonesia di Melbourne Belajar Baca Quran
MELBOURNE -- Banyak warga Muslim asal Indonesia di Melbourne yang mengirimkan anak-anak untuk belajar membaca Quran, salah satunya di pusat komunitas Muslim Indonesia,...