Jumat, 3 Zulqaidah 1435 / 29 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register
Senin, 15 Oktober 2012, 14:56 WIB

Benarkah Ada Zakat THR Sebesar 10%?

Blogspot.com
Zakat (ilustrasi).

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum

Saya ingin menanyakan tentang zakat penghasilan. Selama ini setiap habis terima gaji, saya langsung bayar zakat 2,5% total gaji yang saya terima. Tapi saya pernah mendengar katanya untuk zakat THR dan uang pemberian zakatnya 10%. Saya mohon penjelasannya, apakah benar begitu. Terima kasih.

Wassalam


Indah Kurniawati



Jawaban:

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Mba Indah yang dirahmati Allah SWT, apa yang dilakukan oleh mba dengan mengeluarkan kewajiban zakat dari penghasilan setiap bulannya sebesar 2,5 % insya Allah sudah benar. Tentu saja apabila telah mencapai nishabnya yaitu senilai 524 Kg beras sebagai analogi dari nishabnya zakat pertanian.

Adapun mengenai THR, bonus, uang pemberian dan lain sebagainya di luar gaji pokok, maka semua itu dikategorikan sebagai bagian dari penghasilan, sehingga tidak perlu dilakukan pemisahan antara keduanya. Tetapi  bisa langsung digabungkan (gaji + THR dll) kemudian dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5 %.

Wallahu a’lam.

Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.


Salahuddin El Ayyubi
Program Studi Ekonomi Syariah Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB

 Diasuh oleh Program Studi Ekonomi Syariah Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPBFakultas Ekonomi Manajemen IPB 
Kirimkan pertanyaan Anda ke syariah@rol.republika.co.id

Redaktur : Miftahul Falah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))