Minggu, 2 Muharram 1436 / 26 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register
Kamis, 22 November 2012, 13:46 WIB

Mata Kedutan, Apa Penyebabnya?

beaut.ie
Mata

 

Pertanyaan:

Hi dok, apakah penyebab mata menjadi kedutan? Kemudian, mengapa paling sering adalah mata sebelah kanan? Terima kasih.


Andra Widiananta, Jakarta - 28 tahun



Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan Pak Andra. Banyak hal yang masih menjadi mitos terkait dengan kondisi mata kedutan. Secara medis, kedutan (twitching) merupakan salah satu gejala dari kelainan pada mata yang kita sebut dengan Blepharospasm. Gejala lainnya berupa kedutan kelopak mata yang tidak terkontrol.

Blepharospasm ini bersifat bilateral, episodik, yang ditimbulkan oleh kontraksi otot orbicularis oculi yang involunter. Penyebab dari Blepharospasm yakni idiopatic atau tidak diketahui.

Namun demikian, kondisi stres psikis atau fisik (kelelahan) dapat memicu timbulnya Blepharospasm ini. Situasi mata dengan kelainan Blepharospasm biasanya terjadi pada kedua mata, namun bisa saja awalnya hanya terjadi pada satu mata.

Nah, bila kondisi tersebut terjadi berulang kali tanpa ada perbaikan, terlebih bila telah mengganggu aktivitas keseharian Pak Andra, maka perlu dilakukan pemeriksaan indera penglihatan kepada Spesialis Mata untuk diobservasi lebih lanjut. Demikian Pak, salam. (Nw)


dr.Nurwany,Sp.M
Spesialis Mata di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

 

Redaktur : Miftahul Falah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur(HR. Thabrani)