Sabtu, 1 Muharram 1436 / 25 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register
Senin, 19 November 2012, 09:17 WIB

Wanita Berbulu Ketiak Lebat, Apakah Kelainan Hormonal?

Modernmom.com
Teknik Waxing (ilustrasi)

Pertanyaan:

Dok, saya mau bertanya, apakah seorang wanita yang memiliki bulu ketiak lebat merupakan suatu kelainan hormonal (kelebihan hormon androgen/hormon cowok)? Karena ada juga beberapa wanita yang sama sekali tidak memiliki bulu ketiak. Dan jika dilakukan teknik waxing, apakah berbahaya dan memicu terjadinya kanker? Mohon penjelasannya. Terima kasih. 


Ayu, Bogor - 25 tahun



Jawaban:

Salam sejahtera Mbak Ayu, semoga sehat selalu.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut, antara lain hormon. Di antara beberapa hormon tersebut, hormon androgen apabila jumlahnya berlebih pada perempuan dapat menyebabkan Hirsutisme atau penebalan rambut di daerah tertentu layaknya laki-laki.

Teknik waxing relatif tidak berbahaya. Namun, ada beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah tindakan waxing yaitu rasa sakit, heperpigmentasi (kehitaman), skar, folikulitis, ingrown hair pseudofolikulitis.

Teknik waxing maupun tindakan mencabut bulu ketiak tidak menyebabkan kanker payudara. Sampai saat ini, penyebab pasti terjadinya kanker payudara belum diketahui. Namun waxing atau mencabut bulu ketiak bukan merupakan faktor risiko terjadinya kanker payudara.

Adapun yang menjadi faktor risiko kanker payudara adalah adanya faktor genetik/ keturunan, usia di atas 50 tahun, gaya hidup tidak sehat (makanan tinggi lemak, merokok, minum beralkohol, aktivitas fisik yang berkurang, kegemukan) dan adanya riwayat penyakit tumor payudara jinak.

Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bisa membantu. Terima kasih. (SK)


dr.Sasa Khairunisa,Sp.KK
Spesialis Kulit dan Kelamin RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Redaktur : Miftahul Falah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)