Minggu, 2 Muharram 1436 / 26 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register
Selasa, 30 Oktober 2012, 14:18 WIB

Ketiak Bawah Ditekan Sakit, Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening?

srxawordonhealth.com
Ilustrasi

Pertanyaan:

Dokter, saya mau tanya, ketiak kanan saya yang bawah akhir-akhir ini terasa sakit jika ditekan. Jika tangan pada posisi ke bawah mengapit ketiak, terasa ada yang ganjal. Apakah itu kanker kelenjar getah bening? Apakah tanda kanker kelenjar getah bening itu harus selalu ada benjolan di bagian yang sakit itu, dok? Terima kasih.


Intan K. - 19 Tahun



Jawaban:

Kelenjar Getah Bening (KGB) ada di seluruh bagian tubuh kita dan berfungsi sebagai sudden imun. KGB dapat membesar karena ada infeksi atau karena tumor/kanker. Bila KGB tersebut terletak di bawah kulit, maka bila membesar dapat diraba.

Pembesaran KGB yang disebabkan karena infeksi di bagian tubuh lain yang berhubungan, contoh infeksi pada kaki dapat menyebabkan pembesaran KGB pada lipatan paha. Sedangkan pada infeksi kronis (seperti TBC kelenjar) dan pada suatu keganasan (kanker) jarang sekali menimbulkan nyeri.

Nyeri pada ketiak bisa berasal dari kulit, lemak, saraf, KGB atau jaringan tubuh yang lainnya yang terdapat di ketiak. Perlu dilakukan pemeriksaan apakah nyeri atau benjolan tersebut berasal dari KGB atau bukan. Dan apakah ada tanda-tanda infeksi lain seperti bengkak, warna kemerahan dan rasa panas di atasnya.

Saran saya, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter setempat. Bila memang terbukti Anda terinfeksi, maka Anda harus mengkonsumsi antibiotik secara tepat dan benar. Demikian dan terima kasih.


dr Wita Sukmara, SpB
Spesialis Bedah RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Redaktur : Miftahul Falah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)