Kamis, 25 Syawwal 1435 / 21 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register
Kamis, 30 Agustus 2012, 11:16 WIB

Sesak Nafas Setelah Minum Dingin, Tanda Jantung Lemah?

adnbilisim.com
Jantung manusia

Pertanyaan:

Dear dokter, apakah sesak nafas merupakan ciri-ciri penyakit jantung lemah? Anehnya, sesak nafasnya hanya akan terjadi apabila mengonsumsi minuman yang dingin. Jadi, bila saya konsumsi minuman dingin, nafas agak sesak (harus take deep breathing baru bisa bernafas dengan lancar). Selain itu, juga cepat merasa lelah, apa karena jarang olahraga dok? Kadang-kadang saya bawa mobil, dan tangan pun bisa keringatan. Thank you.


Mustadi, Depok - 34 tahun



Jawaban:

Hi Pak Mustadi, keluhan sesak nafas dan cepat lelah dapat disebabkan oleh adanya kelainan/ gangguan pada jantung. Biasanya dikarenakan oleh fungsi pompa jantung yang sudah menurun/ melemah. Oleh karena itu, dibutuhkan pemeriksaan lanjutan, yaitu pemeriksaan echocardiografi yang berguna untuk menilai fungsi dan anatomi jantung.

Terkait kondisi sesak nafas yang terjadi ketika konsumsi minuman dingin, hal ini disebabkan minuman dingin dapat mempersempit saluran nafas dan pembuluh darah. Sedangkan gejala mudah lemah serta tangan berkeringat, perlu dilakukan observasi lebih jauh.

Seperti diketahui, salah satu indikasi umum dari kondisi lemah jantung memang dapat diidentifikasi melalui kondisi sesak nafas, mudah lelah, dada berdebar dan berkeringat dingin. Namun, kondisi tersebut perlu dipastikan melalui pemeriksaan penunjang, serta dilakukan konsultasi melalui observasi oleh dokter spesialis Jantung Anda.

Demikian yang dapat disampaikan Pak Mustadi. Semoga bermanfaat. (AZ)


dr Abdullah Zaini, SpJP
Spesialis Jantung RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Redaktur : Miftahul Falah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))