Wednesday, 26 Ramadhan 1435 / 23 July 2014
find us on : 
  Login |  Register
Friday, 10 August 2012, 10:32 WIB

Mag Dapat Menyebabkan Hidung Tersumbat?

frugallawstudent.com
Flu. Ilustrasi
Pertanyaan:

Dok, saya wanita berusia 18 tahun. Saya sering sekali merasa sesak seperti hidung tersumbat seperti orang yang sedang flu, padahal saya tidak sedang flu. Apa ini gejala suatu penyakit? Atau karena efek dari sakit mag? Mohon penjelasannya, Dok. Terima kasih.

Ade Lisza, Mampang - 18 tahun



Jawaban:

Apa kabar Mbak Ade, walaupun berkaitan tapi sesak nafas dan hidung tersumbat bisa merupakan dua hal dari gejala penyakit yang berbeda. Ada beberapa kondisi penyakit, terkait dengan gejala hidung tersumbat. Di antaranya bisa karena rinitis alergi atau secara awam disebut alergi hidung, sinusitis, polip hidung atau tulang sekat hidung bengkok.

Bahkan Reflux asam lambung dalam waktu lama, juga bisa menyebabkan kerusakan di daerah tenggorokan. Salah satu gejalanya sesak, seperti tercekik di daerah leher. Serangan panik juga bisa menyebabkan merasa sesak, serta timbulnya rasa tidak nyaman dalam bernafas.

Gejala yang Mbak Ade rasakan bisa disebabkan banyak hal. Sayangnya, tidak disertakan keterangan apakah ada gejala-gejala yang lain seperti apakah terjadi demam, keluhan persitent atau hilang timbul, lalu adakah perubahan suara atau batuk-batuk lama. Tentunya harus melalui pemeriksaan lebih detil untuk bisa mendiagnosis secara pasti.

Kalau kondisi seperti yang dikemukakan telah berlangsung lama, tidak terjadi perbaikan dan dirasakan mengganggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter THT. Sehingga, dapat diidentifikasi penyebab keluhannya dan dilakukan terapi yang sesuai dengan kelainannya. Semoga jelas dengan penjelasannya ya, Mbak Ade. Salam sehat. (SB)


dr Selfiyanti Bimantara, SpTHT-KL, Mkes
Spesialis THT RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Redaktur : Miftahul Falah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)