Kamis, 4 Syawwal 1435 / 31 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register
Rabu, 04 Juli 2012, 17:54 WIB

Inilah Kiat Bila Sulit Hamil

Babycenter
Tes kehamilan

Pertanyaan:

Salam Dokter, saya seorang Istri dari daerah Jawa Timur. Saya sudah menikah selama 6 tahun. Di 3 tahun awal sengaja ditunda agar tidak cepat hamil (saat melakukan hubungan intim, suami selalu mengeluarkan spermanya di luar). 3 tahun belakangan, saya belum hamil juga (sering terlambat 1/2 minggu). Apa ya yang harus saya lakukan?


Heny, Jember - 26 tahun



Jawaban:

Hai Bu Heny, semoga selalu baik di sana, ya. Dalam hal di mana belum memiliki keturunan, maka yang perlu diobservasi dalam kerangka pemeriksaan adalah Anda sebagai sebuah pasangan. Dengan demikian, baik suami maupun istri memiliki tanggungjawab yang sama, untuk saling menguatkan komitmen dalam mendukung program guna mendapatkan keturunan.

Karena itu, saran saya adalah Ibu dan Suami melakukan pemeriksaan kesehatan bersama. Khususnya untuk Ibu, melakukan pemeriksaan atas kemungkinan kehamilan berkaitan dengan kondisi kesuburan. Di mana nantinya akan dilakukan pemeriksaan siklus haid, penentuan masa subur, pemeriksaan USG, pemeriksaan laboratorium. Sedangkan untuk suami, akan dilakukan pemeriksaan sperma di laboratorium.

Setelah itu, baru kemudian dapat dilakukan diagnosa atas kendala yang dihadapi. Pada kondisi ini, metode penanganan yang sesuai akan dilakukan. Termasuk di antaranya, disarankan untuk memperbaiki pola hubungan seksual agar tepat waktu pada saat kesuburan, hingga memperbaiki gaya hidup yang mendukung terciptanya situasi yang subur tersebut.

Di tahapan selanjutnya, maupun pada saat yang bersamaan, akan disusunkan pola pengobatan yang sesuai guna memicu masa subur. Bila kemudian dalam diagnosanya terdapat kendala dalam konteks problem maupun gangguan kesuburan, maka fase tindakan inseminasi maupun penggunaan metode bayi tabung (IVF) dapat menjadi solusi yang diusulkan bagi pencarian solusi mengenai keturunan.

Semoga Ibu dan Suami dapat segera melakukan pemeriksaan yang dibutuhkan dan berkonsultasi dengan dokter Obsgyn terdekat. Semoga bisa segera berhasil ya, Bu. Salam sehat. (RS)


dr Ricky Susanto, SpOG, Mkes
Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Redaktur : Miftahul Falah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))