Rabu, 28 Zulhijjah 1435 / 22 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register
Senin, 25 Juni 2012, 09:51 WIB

Usia 45 Tahun dan Masih Haid, Bisakah Hamil?

obgyn911.com
Hamil. Ilustrasi

Pertanyaan:

Dear Dokter, bagaimana jika usia wanita sudah mencapai 45 tahun dengan kondisi masih haid, apakah masih bisa hamil? Mohon informasinya. Terima kasih


Nuni, Sulawesi - 45 tahun



Jawaban:

Dear Bu Nuni yang baik, berkenaan dengan pertanyaan yang ibu sampaikan, maka kondisi kehamilan terjadi ketika masa subur berlangsung, di mana terjadi pertemuan antara sperma dan sel telur. Dengan kondisi di mana masa subur tersebut berlangsung, maka potensi terjadinya kehamilan sangat dimungkinkan tentunya.

Perlu dipahami, pada saat haid, maka akan dilepaskan sel telur (ovum) di bagian tengah siklus menstruasi. Nah, pada saat tersebut dikenal sebagai masa subur. Bila dalam kondisi tersebut terdapat sperma yang masuk dan bertemu dengan sel telur, maka terjadi kehamilan. Hal ini dapat saja terjadi, dengan kondisi di mana haid yang dialami masih terjadi dalam siklus yang berulang dan teratur.

Menurut hemat saya, yang penting untuk dipersiapkan secara psikologis adalah, apakah kehamilan ini menjadi sebuah hal yang memang dipersiapkan? Karena konsekuensi kehamilan pada usia di atas 30 tahun memerlukan penanganan yang tepat dan sesuai karena pendekatan faktor usia. Di mana risiko yang mungkin terjadi pada kehamilan di usia di atas 30 tahun tentu harus dikelola dengan baik.

Demikian yang dapat saya sampaikan, Bu. Semoga bisa memenuhi kebutuhan informasi ya, Bu. Salam sehat. (RS)


dr. Ricky Susanto, SpOG-MKes
Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Redaktur : Miftahul Falah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)